ANALISIS PENGARUH PERENCANAAN ANGGARAN DAN REFOCUSING ANGGARAN TERHADAP PELAKSANAAN KEGIATAN (Studi Kasus pada Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah)

Sari, Septiana Wulan (2022) ANALISIS PENGARUH PERENCANAAN ANGGARAN DAN REFOCUSING ANGGARAN TERHADAP PELAKSANAAN KEGIATAN (Studi Kasus pada Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Akuntansi_31401900154_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900154_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan mengenai analisis pengaruh perencanaan anggaran dan refocusing anggaran terhadap pelaksanaan kegiatan pada Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektivitas dan efisiensi dari perencanaan serta refocusing anggaran sebagai dampak pandemi Covid-19, sehingga dapat meningkatkan sistem penganggaran yang tepat dalam menghadapi krisis ekonomi yang sedang terjadi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan pengamatan masalah di lapangan. Hasil dari penelitian ini menemukan indikasi masalah yang muncul terkait anggaran di Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah yaitu, ketidaksesuaian penyusunan anggaran dengan kebutuhan satuan kerja dikarenakan keterbatasan waktu sehingga mengharuskan adanya revisi anggaran, keterlambatan dan/atau perubahan peraturan yang dijadikan pedoman dalam penyusunan anggaran, serta ketidaksesuaian realisasi anggaran akibat adanya refocusing sebagai dampak pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaan kegiatan harus ikut direfokuskan sesuai anggaran yang tersedia. Kata Kunci : Perencanaan, Refocusing, Anggaran, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:13
Last Modified: 24 Jul 2023 03:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17944

Actions (login required)

View Item View Item