HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH IBU BEKERJA DENGAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN GEBANGSARI 01

Indahsari, Indri Meinar (2020) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH IBU BEKERJA DENGAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN GEBANGSARI 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (628kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (162kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (221kB)
[img] Text
abstraksi.pdf

Download (113kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (179kB)
[img] Text
S1 Ilmu Keperawatan_30901602062_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

Latar Belakang : Saat ini fenomena yang sedang marak terjadi di kalangan anak-anak salah satunya adalah penggunaan gadget. Dampak positif penggunaan gadget yaitu menambah pengetahuan, canggih, memperluas jaringan, melatih kreatif anak dan dampak negatif penggunaan gadget yaitu mengganggu perkembangan, kecanduan bermain gadget. Peran ibu sangat penting untuk pengembangan teknologi pada anak, ibu juga harus berhati-hati saat menggunakan perangkat, karena fasilitas yang disediakan oleh perangkat tidak hanya memiliki efek positif tetapi juga negatif. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan apakah ada hubungan antara pendidikan ibu yang bekerja dan penggunaan gadget pada anak sekolah di SDN Gebangsari 01. Metode : Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pola asuh dan penggunaan gadget. Jumlah sampel 65 responden anak usia sekolah dengan metode total sampling. Hasil : Hasil analisis univariat pada pola asuh permisif dengan 5 responden (71.4%), adapun pola asuh otoriter sebanyak 31 responden (60.8), dan pola asuh autoritatif sebanyak 6 responden (86.7) dengan penggunaan gadget kategori sedang sebanyak 48 responden (73.8 %). Hasil analisis bivariat uji Somers’d pola asuh permisif ibu bekerja dengan penggunaan gadget didapatkan hasil nilai p= 1,000 (nilai p > 0,05) dan nilai koefisien korelasi 0,000. Simpulan : tidak ada hubungan antara pola asuh ibu bekerja dengan penggunaan gadget pada anak usia sekolah di SDN Gebangsari 01. Diharapkan semua ibu yang bekerja mengenai pola asuh yang dapat mengakibatkan anak menggunakan gadget, sehingga ibu dapat memahami bagaimana pola asuh yang tepat digunakan untuk anak dan dapat merubah karakter anak yang menggunakan gadget. Kata Kunci : Pola Asuh Ibu Bekerja dan Penggunaan Gadget Daftar Pustaka : 37 (2009-2019)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 28 Oct 2020 00:52
Last Modified: 28 Oct 2020 00:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17777

Actions (login required)

View Item View Item