Perencanaan dan Perancangan Tanggul dan Jalan Paving Block sebagai Bagian Sistem Polder Kampus Unissula

Riadi, Bambang and Nugrahanto, Ghanadi (2014) Perencanaan dan Perancangan Tanggul dan Jalan Paving Block sebagai Bagian Sistem Polder Kampus Unissula. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) berlokasi di kawasan pesisir pantai utara kota Semarang, dimana sebagian wilayahnya hampir setiap tahun mengalami rob. Dengan adanya rob tersebut kampus UNISSULA terkena dampak, antara lain air rob masuk wilayah kampus sehingga kenyamanan bagi para pengguna kampus merasa terganggu. Penanggulangan rob pada kawasan YBWSA dapat diatasi dengan adanya pembangunan tanggul yang mengelilingi wilayah tersebut. Dalam perencanaan suatu tanggul harus dilakukan suatu analisa kestabilan lereng yang aman dari longsor. Oleh karena itu harus dilakukan penyelidikan tanah untuk menentukan lapisan tanah dan parameternya, yang diperoleh dari hasil uji lapangan maupun laboratorium. Pada konstruksi tanggul memiliki beberapa struktur timbunan yang bertujuan untuk menerima beban lalu lintas diatasnya. Pada masing-masing simulasi memiliki beberapa struktur antara lain adalah subgrade menggunakan tanah urug, lapisan pengisi menggunakan sirtu, lapis permukaan menggunakan pasir pengisi dengan tebal masing-masing simulasi berbeda. Analisis dilakukan secara perhitungan konvensional dan menggunakan program komputer PLAXIS. Beban yang diperhitungkan adalah beban dari timbunan itu sendiri yaitu terdiri dari tiga lapis timbunan pada tiap simulasi tanggul dan beban kendaraan dengan berat 300 kN. Setelah dilakukan dengan perhitungan PLAXIS 8.2 tiga simulasi timbunan tersebut dipilih salah satu simulasi yang kuat dan efisien. Analisis deformasi dan stabilitas tanggul aman terhadap longsor dengan deformasi yang terjadi -23,41 kN/m, deformasi akibat adanya beban timbunan sand = 254,88x10¯⁶ m, fill = 247,53x10¯⁶ m, tanah urug = 245,58x10¯⁶ m. Kata kunci : Tanggul, Timbunan, Plaxis, Deformasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2015 02:10
Last Modified: 17 Dec 2015 02:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item