Peranan Kepolisian Dalam Menanggulangi Kekerasan Fisik Yang Dilakukan Oleh Geng Motor Di Kuningan ( Studi Kasus Polres Kuningan )

PURNAMASANDI, PRADITYA AGUNG (2020) Peranan Kepolisian Dalam Menanggulangi Kekerasan Fisik Yang Dilakukan Oleh Geng Motor Di Kuningan ( Studi Kasus Polres Kuningan ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
abstract.pdf

Download (136kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (129kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (97kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (126kB)
[img] Text
S1 Ilmu Hukum_30301509222_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang bergabung dalam geng motor di wilayah kabupaten Kuningan, Jawa Barat. cukup meresahkan warga dan pengguna jalan lainnya, oleh karena itu dilakukan penilitian dengan tujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor terjadinya kekerasan fisik geng motor yang dilakukan oleh para remaja dan untuk mengetahui peran upaya kepolisian Kabupaten Kuningan dalam menanggulangi fenomena tersebut serta hambatan-hambatan apa saja yang dialami pada saat menanggulangi kekerasan fisik yang dilakukan oleh geng motor. Penelitian ini dilaksanakan di Kepolisian Resort Kuningan. Untuk mencapai tujuan dari penelitian tersebut penulis menggunakan metode pengumpulan data seperti metode wawancara, maka penulis mewawancarai pihak-pihak yang bersangkutan dengan masalah kekerasan geng motor tersebut, yaitu dengan mewawancaraianggota Satuan Reskrim Polres Kuningan guna memperoleh informasi mengenai faktor terjadinya kekerasan fisik geng motor yang dilakukan oleh para remaja sekaligus upaya-upaya yang dilakukan serta penghambat dalam melalukan penanggulangan tersebut. Penulis juga melakukan metode analisis data yang telah diperoleh dan melakukan metode kepustakaan dengan cara menelaah buku-buku dan sumber yang berkaitan dengan masalah tersebut. Maka didapat kesimpulan dari hasil penilitan tersebut, yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi kekerasan geng motor yang dilakukan oleh para remaja di kabupaten Kuningan, Jawa Barat antara lain: Usia muda (labil, masih mencari jati diri), Mengendurnya ikatan sosial dan keluarga, Pengaruh lingkungan, Penyalahgunaan alkohol dan lain-lain, pengaruh budaya luar,dsb. Kepolisian Resort Kuningan melakukan dua upayapencegahan (prefentif) dan upaya pemberian sanksi (represif), diantara ketiga metode tersebut Polres Kuningan lebih condong menggunakan metode represif karenadalam penanggulangan geng motor di Kota Kuningan yaitu political will dari intra polisi itu sendiri yang lebih mementingkan upaya-upaya represif sedangkan operasi atau razia di nomorduakan hal terbsebut termasuk penghambat upaya penanggulangan kekerasan fisik oleh geng motor. Kata kunci : Peran Kepolisian, Kekerasan Geng Motor, Polres Kuningan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 11 Sep 2020 07:03
Last Modified: 11 Sep 2020 07:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17563

Actions (login required)

View Item View Item