PERTIMBANGAN MAJELIS HAKIM DALAM MEMUTUSKAN PIDANA BAGI PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI REMBANG)

WIDIASFERI, ESA RIKO (2020) PERTIMBANGAN MAJELIS HAKIM DALAM MEMUTUSKAN PIDANA BAGI PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI REMBANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
abstract.pdf

Download (129kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (291kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (71kB)
[img] Text
S1 Ilmu Hukum_30301509016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pertimbangan hakim dalam memutuskan pidana pada pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan di Pengadilan Negeri Rembang, serta mengetahui dan mengkaji kendala dan solusi majelis hakim dalam memberikan putusan pada pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan di Pengadilan Negeri Rembang. Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis, dengan teknik pengumpulan data yang didasarkan pada hasil studi lapangan yaitu data primer yang kemudian didukung dengan data sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan Hakim Pengadilan Negeri Rembang. Kemudian untuk spesifikasi penulisan mengunakan analis kualitatif. Peneliti juga melakukan studi kepustakaan dengan cara menelaah buku-buku, literature dan perundang-undangan yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini. Temuan yang diperoleh dari peneliti antara lain : berdasarkan hasil pemeriksaan di persidangan, Majelis Hakim menerapkan Pasal 363 Ayat 1 ke-4 KUHPidana terhadap terdakwa dengan pidana lima bulan. Majelis Hakim menemukan bahwa terdakwa benar melakukan tindak pidana pencurian dalam keadaan memberatkan. Pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan sanksi Pidana dalam perkara pencurian dalam keadaan memberatkan dengan nomor 51/Pid.B/2019/PN.Rbg adalah dakwaan Jaksa Penuntut Umum, barang bukti, keterangan saksi-saksi, keterangan terdakwa, hal-hal yang memberatkan dan juga hal-hal yang meringankan bagi terdakwa belum pernah dihukum dan pertimbangan non-yuridis berdasarkan fakta-fakta yang terungkap selama persidangan. Dalam proses persidangan terdapat kendala-kendala antara lain sulitnya menghadirkan saksi dalam persidangan dan terdakwa tidak mau memberi keterangan atau sulit untuk diajak berkomunikasi. Kata Kunci : Tindak Pidana, Pencurian dengan pemberatan, Pertimbangan Hakim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 11 Sep 2020 06:27
Last Modified: 23 Oct 2020 03:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17549

Actions (login required)

View Item View Item