UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PEMBALAKAN LIAR DI KABUPATEN REMBANG (STUDI KASUS DI POLRES REMBANG)

KARTIKO, BAMBANG ARDHI (2020) UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PEMBALAKAN LIAR DI KABUPATEN REMBANG (STUDI KASUS DI POLRES REMBANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
abstract.pdf

Download (72kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (236kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (82kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
S1 Ilmu Hukum_30301508954_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)

Abstract

Peran Kepolisian Dalam Penanggulangan Tindak Pidana Pembalakan liar (Studi Kasus Di Polres Rembang).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepolisian dalam penyidikaan tindak pidanan pembalakan liar dan kendala-kendala apa saja yang dialami oleh penyidik dalam proses penyidikan mengenai tindak pidana pembalakan liar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis dan sosiologis, merupakan metode yang mengkaji hukum dan sistematikanya yang kemudian diterapkan untuk mengkaji suatu permasalahan didalam masyarakat dengan tujuan mendapatkan suatu fakta merumuskan suatu masalah dan mencari akar penyelesaian masalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya dari kepolisian untuk menanggulangi tindak pidana pembalakan liar sangatlah penting bagi masyarakat luas, karena dampak dari hutan itu sendiri yang sangat luas dan menyeluruh bagi kehidupan masyarakat. Upaya-upaya yang dilakukan kepolisian adalah upaya pre-emtif, preventif, represif dimana ketiga upaya itu harus dilakukan dengan baik agar dapat mencegah adanya tindak pidanan pembalkan liar yang marak terjadi. Upaya tersebut dilakukan kepolisian agar pembalakan liar semakin berkurang karena dampak pembalakan liar bukan hanya hilang dari segi ekonomis tapi keseimbangan ekosistem yang akan rusak, seperti terjadinya kekeringan saat musim kemarau tiba. Kata kunci : Upaya Kepolisian, Penanggulangan, Tindak Pidana Pembalakan Liar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 11 Sep 2020 06:31
Last Modified: 11 Sep 2020 06:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17547

Actions (login required)

View Item View Item