PENGARUH MUTU PELAYANAN REGISTRASI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UNIT PENDAFTARAN (Studi Observasi Pasien Rawat Jalan di Unit Pendaftaran Puskesmas Sayung 1 Kabupaten Demak)

Rahmatika, Mega Ayu Naily (2020) PENGARUH MUTU PELAYANAN REGISTRASI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UNIT PENDAFTARAN (Studi Observasi Pasien Rawat Jalan di Unit Pendaftaran Puskesmas Sayung 1 Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (911kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)

Abstract

Tempat penerimaan/pendaftaran pasien rawat jalan merupakan unit pelayanan terdepan atau front gate bagi setiap puskesmas. Mutu pelayanan di unit ini dapat menentukan lanjut tidaknya pasien menggunakan layanan kesehatan di puskesmas.Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh mutu pelayanan registrasi terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sayung I Kabupaten Demak. Penelitian observasi analitikdengan rancangan cross sectional. Sebanyak 130 pasien rawat jalan Puskesmas Sayung 1 terpilih menjadi responden penelitian ini.Mutu pelayanan registrasi dan kepuasan pasien diperoleh dari pengisian kuesioner. Mutu pelayanan dibedakan sebagai baik dan kurang baik, sedangkan tingkat kepuasan pasien dibedakan sebagai puas dan kurang puas.Pengaruh mutu pelayanan registrasi terhadap kepuasan pasien dianalisis dengan uji Fisher Exact. Sebanyak 26,9% pasienl mempersepsikanl mutu layanan registrasil dinilai baik dengan jumlah 5,4% pasienl menyatakanl puasl danl 21,5% kurang puas. Sementara 73,1% pasien mempersepsikanl mutu layananl registrasil yang dinilai kurangl baik dengan 1,5% pasien menyatakanl puas dan 71,5% kurangl puas. Uji fisherl menghasilkanl nilai p sebesarl 0,001 artinyal terdapat perbedaanl proporsil pasienl yangl puas danl kurang puasl antara mutul pelayanan registrasil yang dipersepsikanl baikl danl kurangl baik. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar pasien merasa waktu tunggu serta kurangnya perhatian khusus dari petugas yang menyebabkan sebagian besar pasien menyatakan ketidakpuasan pada dimensi assurance dan empathy pada mutu pelayanan registrasi di Puskesmas Sayung I Kabupaten Demak. Mutu pelayanan registrasi berpengaruh terhadap kepuasan pasien di unit pendaftaran Puskesmas Sayung 1 Kabupaten Demak. Kata kunci: Mutu Pelayanan Registrasi, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Sep 2020 07:01
Last Modified: 15 Sep 2020 04:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17484

Actions (login required)

View Item View Item