DAMPAK HUKUM ISTRI MENCARI NAFKAH DALAM PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM PASAL 3 (STUDI KASUS DI DESA TENGGULI, KECAMATAN BANGSRI, KABUPATEN JEPARA)

RODIYAH, SRI ATIKATIR (2019) DAMPAK HUKUM ISTRI MENCARI NAFKAH DALAM PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM PASAL 3 (STUDI KASUS DI DESA TENGGULI, KECAMATAN BANGSRI, KABUPATEN JEPARA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (417kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (380kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (375kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (375kB)

Abstract

Rumah tangga tidak bisa dilepaskan dari kesadaran suami dalam memahami hak dan kewajiban masing-masing untuk mencapai suatu keharmonisan. Suami mempunyai kewajiban untuk memenuhi nafkah keluarga sedangkan istri mempunyai kewajiban untuk mengatur rumah tangga dengan sebaik-baiknya. Fakta dimasyarakat menunjukkan bahwa tidak jarang seorang istri mencari nafkah untuk keluarga. Fungsi suami sebagai pencari nafkah digantikan oleh istri, sehingga peran istri bukan hanya sebagai ibu rumah tangga namun juga sebagai pencari nafkah. Dengan bekerjanya istri maka kesempatan untuk mengurus keluarga menjadi terabaikan dan memberikan pengaruh terhadap kehidupan rumah tangga. Fenomena dampak hukum istri mencari nafkah dijumpai di Desa Tengguli, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Dampak hukum yang timbul ketika istri mencari nafkah diantaranya ialah, dampak hukum maslahat dan madharat. Dalam penelitian ini, pokok permasalahan yang difokuskan adalah dampak hukum yang ditimbulkan pada keluarga yang istrinya mencari nafkah. Penelitian ini merupakan Field Research atau penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan di Desa Tengguli, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara survey, observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah 10 orang istri yang mencari nafkah. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yang mana penulis mendiskripsikan atau menceritakan realita kasus keluarga yang istrinya mencari nafkah yang kemudian menganalisa pengaruhnya terhadap tujuan perkawinan pasal 3 Kompilasi Hukum Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa istri mencari nafkah timbul dampak hukum terhadap kehidupan rumah tangga. Dampak hukum madhorot yang timbul ketika istri mencari nafkah diantaranya ialah penelantaran anak dan hubungan keluarga yang menjadi tidak harmonis. Serta manfaat yang timbul akibat istri mencari nafkah yaitu dapat menopang kehidupan keluarga akibat suami tidak bekerja dan dapat membangun ekonomi keluaraga. Dalam perspektif pasal 3 kompilasi Hukum Islam suami istri seharusnya menjadikan keluarganya hidup harmonis damai dan sejahtera sesuai dengan tujuan perkwinan. Kata Kunci: Istri, Nafkah, Perspektif Kompilasi Hukum Islam Pasal 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:16
Last Modified: 31 Aug 2020 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17429

Actions (login required)

View Item View Item