PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING DISCLOSURE DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP SUSTAINABILITY REPORT PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

Saadah, Nailis (2023) PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING DISCLOSURE DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP SUSTAINABILITY REPORT PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Akuntansi_31401900115_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900115_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Setiap tahun perusahaan selalu melaporkan laporan tahunan untuk menggambarkan kinerja keuangan, namun karena pentingnya tanggung jawab sosial dan kepedulian terhadap lingkungan beberapa perusahaan mulai menerbitkan laporan tambahan mencakup tanggung jawab sosial dan lingkungan yang disebut laporan keberlanjutan atau Sustainability Report, meskipun pemerintah telah menetapkan regulasi publikasi sustainability report masih banyak perusahaan yang terdaftar di Indonesia yang belum mengungkapkan Sustainability Report. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Islamic Social Reporting Disclosure dan Good Corporate Governance terhadap Sustainability Report pada perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) pada periode 2017-2021. Teknik pengambilan sampel yakni menggunakan Purposive Sampling dengan data sebanyak 50 sampel, Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif dengan menggunakan Data Sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 26 untuk mengolah data dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic Social Reporting Disclosure dan dewan komisaris independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sustainability Report sedangkan komite audit, dewan direksi dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap Sustainability Report. Kata Kunci : Sustainability Report, Islamic Social Reporting Disclosure, Good Corporate Governance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:13
Last Modified: 20 Jul 2023 04:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17253

Actions (login required)

View Item View Item