Rekonstruksi Kebijakan Kriminal Terhadap Penghinaan Dan/Atau Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial Sebagai Sarana Informasi Elektronik Yang Berbasis Nilai Keadilan

Siregar, Gomgom T.P. (2019) Rekonstruksi Kebijakan Kriminal Terhadap Penghinaan Dan/Atau Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial Sebagai Sarana Informasi Elektronik Yang Berbasis Nilai Keadilan. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (46kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (55kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (588kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (316kB)

Abstract

Meskipun UUITE sudah diberlakukan di masyarakat, tetapi ternyata masih belum mampu menciptakan resistensi perlindungan hukum dalam rangka untuk mencapai tujuan hukum. Mengingat ruang lingkupnya yang luas dan cepat merambat ke seluruh penjuru dunia dan perlindungan hukum terhadap kebebasan berekspresi, maka ketentuan yang mengatur tentang muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik di media sosial harus direkonstruksi melalui kebijakan kriminal. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui, menganalisis dan menemukan penerapan kebijakan kriminal terhadap penghinaan dan atau pencemaran nama baik melalui media sosial sebagai sarana informasi elektronik saat ini; untuk mengetahui, menganalisis dan menemukan kelemahan-kelemahan penerapan kebijakan kriminal terhadap penghinaan dan atau pencemaran nama baik melalui media sosial sebagai sarana informasi elektronik saat ini; merekonstruksi kebijakan kriminal terhadap penghinaan dan atau pencemaran nama baik melalui media sosial sebagai sarana informasi elektronik yang berbasis nilai keadilan. Penelitan dengan Paradigma Kontruktivisme menggunakan Metode pendekatan yuridis empiris. Metode Pengumpulan Data Primer dengan Observasi dan Wawancara. Sumber data dari Pengumpulan Data Primer dan Pengumpulan Data Sekunder. Analisis data dengan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitiannya, bahwa segala bentuk penghinaan terhadap Presiden yang digunakan adalah Pasal untuk melindungi masyarakat biasa. Tidak ada lagi perlindungan terhadap martabat Presiden terkait dengan jabatan yang dimilikinya. Perlindungan terhadap Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang tidak diatur khusus dan juga tidak dibedakan dari perlindungan terhadap masyarakat biasa. Dalam UU ITE Pasal 45 ayat (3) hanya mengatur terhadap tindak pidana penghinaan dan atau pencemaran nama baik yang hanya ditujukan untuk masyarakat biasa, tidak ada pengaturan secara khusus tentang tindak pidana penghinaan dan atau pencemaran nama baik yang ditujukan kepada Presiden dan Wakil Presiden. Oleh sebab itu perlu dilakukan rekonstruksi norma hukum dengan penambahan ayat dalam Pasal 45 ayat (4) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik serta penambahan ayat dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dengan menambah Pasal 134A. Penemuan teori hukum barunya adalah: Teori Kebijakan Kriminal Terhadap Penghinaan Dan/Atau Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial yang Berkeadilan, artinya teori kebijakan kriminal dengan memberikan perlindungan terhadap martabat Presiden terkait dengan jabatan kepala negara sebagai korban tindak pidana penghinaan dan/atau pencemaran nama baik melalui media sosial sebagai sarana informasi elektronik yang berbasis nilai keadilan dengan rehabilitasi nama baik Presiden untuk mengembalikan martabat Presiden sebagai Kepala Negara. Kata Kunci: Penghinaan, Pencemaran Nama Baik, Media Sosial, Nilai Keadilan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Mar 2020 06:44
Last Modified: 09 Mar 2020 06:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17241

Actions (login required)

View Item View Item