ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) TERHADAP PENGEMBANGAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL DALAM PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUM BULOG KANWIL JATENG (Studi kasus pada Perusahaan Umum BULOG KANWIL JATENG)

HIDAYAT, MUHAMMAD LUKMAN (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) TERHADAP PENGEMBANGAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL DALAM PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUM BULOG KANWIL JATENG (Studi kasus pada Perusahaan Umum BULOG KANWIL JATENG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Akuntansi_31401900106_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900106_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Dalam penulisan ini ditunjukan untuk mengetahui dampak implementasi sistem enterprise resource planning (ERP) terhadap pengembangan efektivitas pengendalian internal pelaporan keuangan pada Perum BULOG Kanwil Jateng. penulisan ini mengacu pada faktor pengaruh batasan sumber daya dan resiko operasi yang mempengaruhi efektivitas pengendalian internal laporan keuangan (Morris, 2011). Dengan penggunaan faktor-faktor tersebut dapat menjawab atas kebenaran pernyataan bahwa implementasi sistem ERP dapat membantu perusahaan meningkatkan pengendalian internal atas laporan keuangan. Penerapan Sistem Pengendalian Internal dirancang untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam proses bisnis dengan melakukan pekerjaan yang efektif dan efisien, memantau rekening bank, mencatat transaksi aset, dan mematuhi semua hukum dan peraturan yang berlaku. Pengembangan sistem ERP menjadi semakin penting bagi bisnis yang ingin mencapai efisiensi dan produktivitas. ERP digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang bersangkutan dan memiliki fungsi untuk membantu perusahaan atau organisasi tersebut dalam mengelola dan mengintegrasikan berbagai inisiatif bisnis berdasarkan informasi yang memiliki persyaratan fungsional yang berbeda sehingga mampu menghasilkan hasil bisnis secepat mungkin. Kata kunci: Pengendalian Internal, ERP, Laporan Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:58
Last Modified: 20 Jul 2023 03:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17225

Actions (login required)

View Item View Item