Susila, Aghina Alfi (2014) Analisis Tingkat Pelayanan Angkutan Umum Bus Rapid Transit (BRT) Koridor IV Rute Cangkiran - Stasiun Tawang Kota Semarang. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.
|
Text
b1. COVER.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
a. ABSTRAK.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Pemerintah Kota Semarang terus berupaya meningkatkan pelayanan angkutan massal agar kepadatan arus lalu lintas berkurang melalui pengoperasian BRT. Saat ini, kota Semarang telah mengoperasikan tiga koridor Bus Rapid Transit (BRT) yakni koridor I (Mangkang-Penggaron), Koridor II (Terboyo-Sisemut) dan yang terbaru adalah koridor IV (Cangkiran-Bandara Ahmad Yani). Pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) koridor IV yang tergolong baru ini belum cukup siap dalam hal prasarana Bus Rapid Transit (BRT) koridor IV. Sehingga perlu dikaji terkait pelayanan BRT. Judul dari Laporan Tugas Akhir ini adalah “Analisis Tingkat Pelayanan Bus Rapid Transit (BRT) Koridor IV Rute Cangkiran – Stasiun Tawang”. Dalam laporan ini akan dilakukan identifikasi karakteristik angkutan umum dan pengguna BRT koridor IV, analisis kinerja operasional dan kualitas pelayanan BRT kemudian analisis-analisis tersebut digabungkan sehingga menghasilkan tingkat pelayanan angkutan umum BRT. Analisis yang digunakan dalam penyusunan ini ditentukan berdasarkan karakteristik angkutan umum dan pengguna BRT, kinerja operasional angkutan umum meliputi faktor muat penumpang, kecepatan perjalanan, waktu antara kendaraan, waktu perjalanan, waktu pelayanan dan waktu henti (pelayanan di halte) yang didapatkan melalui observasi. Selain itu, kualitas pelayanan angkutan umum ditentukan berdasarkan kriteria angkutan umum ideal yakni keandalan, kenyamanan, keamanan, tarif dan waktu perjalanan yang didapatkan melalui hasil wawancara berupa kuesioner yang didistribusikan kepada pengguna jasa BRT koridor IV. Berdasarkan analisis didapatkan hasil bahwa Berdasarkan analisis didapatkan hasil bahwa BRT menggunakan armada bus berukuran sedang, sedangkan mayoritas pengguna BRT melakukan perjalanan dengan maksud untuk sekolah dan bekerja. Kemudian dari analisis kinerja operasional BRT yang dilakukan dengan survey dan perhitungan didapatkan hasil bahwa kinerja operasional BRT termasuk kriteria baik, begitu pula dengan analisis kualitas pelayanan BRT berdasarkan persepsi pengguna didapatkan bahwa pelayanan BRT Koridor IV baik atau memuaskan. Kata Kunci : Analisis, Tingkat Pelayanan, Bus Rapid Transit (BRT)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TF Railroad engineering and operation |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Dec 2015 02:35 |
Last Modified: | 16 Dec 2015 02:35 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1705 |
Actions (login required)
View Item |