Analisis Penentuan Lokasi dan Jumlah Halte di Koridor Jl. Dr. Wahidin Kota Pekalongan

Budiarto, Eko Arief (2014) Analisis Penentuan Lokasi dan Jumlah Halte di Koridor Jl. Dr. Wahidin Kota Pekalongan. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
a) Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
h) Daftar Pustaka Fix.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Jalan Dr. Wahidin di Kota Pekalongan adalah salah satu jalan yang dilewati oleh angkutan kota berdasarkan pembagian jalur trayek oleh Dinas Perhubungan Kota Pekalongan. Namun belum adanya fasilitas halte di koridor jalan Dr. Wahidin ini membuat angkutan umum sering menaikan dan menurunkan para penumpang di sembarang tempat. Hal tersebut selain membahayakan penumpang itu sendiri juga dapat menimbulkan gangguan arus lalu lintas. Selain itu jalan Dr. Wahidin yang digolongkan sebagai jalan arteri primer dan memiliki potensidaya tarikan dan pergerakan layak memerlukan fasilitas penunjang seperti halte sebagai tempat pemberhentian angkutan umum untuk mewadahi para penumpang angkutan umum yang ada. Tujuandaripenelitianiniadalahmenentukanlokasidanjumlahhalte di Jl. Dr Wahidin yangmudah dijangkau dan dapatmemberikanaksesyang layak kehalte terdekat kepadasemuapenumpangdenganjumlahhalteyangminimumtetapi dapat memenuhi semuatitik permintaan di sepanjang koridor(coveragearea). Selain menetapkan kriteria untuk lokasi halte yang sesuai, ada beberapa model cara untuk menentukan lokasi fasilitas halte. Pada penelitian ini dipilih model utamanya didasarkan pada pertimbangan jarak jangkau/akses. Model tersebut adalah Set Covering Problem yang lebih spesifik memiliki tujuan untuk mencari dan memberikan akses yang layak ke halte terdekat kepada semua penumpang dengan jumlah halte yang minimum (efektif). Dari hasil proses analisis yang telah dilakukan, mulanya dari 28 lokasi potensi halte baik yang terdapat disebelah kanan atau kiri koridor jalan ini, setelah dinilai menggunakan kriteria tertentu hanya ada 18 lokasi terpilih. Setelah itu diminimalisir lagi dengan menggunakan bantuan software Lingo dari 18 lokasi hanya 4 lokasi yang terpilih. Langkah meminimalisir dilakukan untuk mengefektifkan jumlah halte yang ada namun tetap dapat dijangkau oleh penumpang minimal jarak dari satu halte ke halte berikutnya kurang lebih dari 500 Meter. Kata Kunci : Lokasi dan Halte.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Dec 2015 02:34
Last Modified: 16 Dec 2015 02:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1700

Actions (login required)

View Item View Item