STUDI KELAYAKAN PROYEK PEMBANGUNAN PELABUHAN PANIAI KABUPATEN PANIAI, PAPUA

Khasanah, Uswatun (2019) STUDI KELAYAKAN PROYEK PEMBANGUNAN PELABUHAN PANIAI KABUPATEN PANIAI, PAPUA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (412kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Sarana transportasi di Kabupaten Paniai sangatlah minim dibandingkan dengan tingkat kebutuhan penduduk akan transportasi. Diperlukan sarana transportasi yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Paniai yang efektif dan efisien sehingga perlu adanya pelabuhan untuk memenuhi sarana transportasi masyarakat Kabupaten Paniai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan secara ekonomi teknik pada proyek Pelabuhan Paniai dengan membandingkan nilai biaya dan nilai manfaat. Data dalam penelitian ini diperoleh dan dikumpulkan dari data sekunder meliputi data gambar rencana proyek, rencana anggaran biaya, data penumpang, dimana data tersebut diperoleh dari pihak terkait yaitu PT. Tatua Jagad Nata selaku konsultan perencana dari proyek Pelabuhan Paniai. Data yang sudah diperoleh kemudian diolah dengan melakukan perhitungan ekonomi teknik yang menggunakan empat parameter yaitu, Net Present Value (NPV)(B-C), Benefit Cost Ratio (BCR)(B/C), Internal Rate of Returns (IRR), dan Analisis Sensitivitas. Berdasarkan hasil dari perhitungan secara ekonomi teknik, dengan biaya konstruksi Rp 65.969.415.930 dan biaya operasional dan pemeliharaan sebesar Rp 9.895.412.390 diperoleh hasil NPV lebih dari 0 yaitu sebesar Rp 6.762.635.542, lalu hasil dari BCR 1,045 (BCR lebih dari 1), dan hasil dari IRR adalah 11,198% dimana itu lebih dari nilai suku bunga yang dipakai dalam kajian ini yaitu 10%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proyek Pembangunan Pelabuhan Paniai layak secara ekonomi. Adapun berdasarkan Analisis Sensitivitas dilakukan perhitungan pada kondisi biaya tetap dan manfaat tetap, biaya naik 10% dan manfaat tetap, biaya tetap dan manfaat turun 10%, biaya naik 10% dan manfaat turun 10%, serta biaya tetap dan manfaat naik 10%. Hasil perhitungan analisis sensitivitas biaya tetap manfaat naik 10% yang dianggap paling sensitif terhadap nilai biaya dan nilai manfaat. Kata kunci : Studi Kelayakan, Pelabuhan Paniai, Net Present Value, Benefit Cost Ratio, Internal Rate of Returns, dan Analisis Sensitivitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 Mar 2020 07:35
Last Modified: 05 Mar 2020 07:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16980

Actions (login required)

View Item View Item