ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SOLUSINYA DI DEPAN PERTOKOAN DAN PASAR INDUK BUMIAYU (Studi kasus di Jl. Pangeran Diponegoro Bumiayu)

KUSTIYANTI, TRI (2019) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SOLUSINYA DI DEPAN PERTOKOAN DAN PASAR INDUK BUMIAYU (Studi kasus di Jl. Pangeran Diponegoro Bumiayu). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Bumiayu merupakan kota kecil yang memiliki tingkat volume lalu lintas yang cukup tinggi, karena banyak adanya kegiatan pasar dan pertokoan di sepanjang jalan khususnya di Jalan P.Diponegoro.Oleh karena itu perlu di adakan studi kasus tentang Analisis Kinerja Ruas Jalan untuk memprediksi tingkat arus lalu lintas per tahunnya. Untuk mengetahui Derajat Kejenuhan (DS) dan Tingkat pelayanan (Level Of Service) lalu lintas pada Jl.P.Diponegoro maka di lakukan survey langsung di lapangan untuk mengetahui arus lalu lintas yang terjadi di sepanjng Jl.P.Diponegoro, maka di adakan perhitungan manual dimana DS = Q/C. Dari hasil olah data bahwa kinerja ruas jalan tersebut mempunyai tingkat pelayanan C dimana kondisi ruas jalannya stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan di kendalikan, dengan perhitungan manual memberikan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,57. Setelah di lakukan perhitungan prediksi arus lalu lintas untuk beberapa tahun kedepan, maka di prediksikan pada tahun 2023 dengan perhitungan manual arus lalu lintas sebesar 1902,07 smp/jam. Dengan DS = 0,75 dengan tingkat pelayanan D dimana arus mendekati stabil, oleh karena itu alternatifenya dilakukan pelebaran jalan serta mendesain saluran drainasenya dengan kapasitas jalan menjadi 3886 dengan nilai DS = 0,72Dengan ketebalan lapisan permukaan (aspal makadam 340) setebal 15,38 cm, lapisan pondasi atas (batu pecah 100) setebal 20 cm, dan lapisan pondasi bawah sirtu (CBR 50) setebal 25 cm. Dan diperoleh kapasitas desain drainase dari hasil perhitungan debit rencana sebesar 0,57 m3/detik. Maka dengan menggunakan solusi tersebut tingkat pelayanan jalan Level Of Service (LOS) dengan kategori C, dimana arus stabil kecepatan masih dapat dikendalikan dengan batas lingkup Q/C 0,45-0,74. Kata kunci :Kemacetan, Derajat Kejenuhan (DS), Solusi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 Mar 2020 07:32
Last Modified: 05 Mar 2020 07:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16974

Actions (login required)

View Item View Item