PENGARUH PEMBIAYAAN RAHN, PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN NON PERFORMING FINANCING TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) PADA UNIT SYARIAH DI PT PEGADAIAN (PERSERO) KANWIL XI SEMARANG

Adityawarman, Yohan (2019) PENGARUH PEMBIAYAAN RAHN, PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN NON PERFORMING FINANCING TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) PADA UNIT SYARIAH DI PT PEGADAIAN (PERSERO) KANWIL XI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (203kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Pembiayaan Rahn, Pembiayaan Murabahah dan Non Performing Financing Terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Unit Syariah di PT. Pegadaian (Persero) Kanwil XI Semarang”. Banyaknya produk pembiayaan dalam kegiatan sehari hari sangat membantu masyarakat dalam proses produktifitas usaha terutama untuk mencukupi kebutuhan modalnya. Investasipun juga menjadi salah satu cara manusia untuk berusaha memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Sedangkan, banyaknya pembiayaan yang telah di salurkan oleh sebuah perusahaan tanpa melihat tingkat kualitas kredit akan mengakibatkan permasalahan, yaitu lancar atau tidaknya pembayaran angsuran tersebut, sehingga setelah memberikan pembiayaan sebaiknya perusahaan selalu mengelola tingkat rasio NPL. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh langsung pembiayaan Rahn terhadap profitabilitas (ROA), 2) pengaruh langsung pembiayaan Murabahah terhadap profitabilitas (ROA), 3) pengaruh langsung Non Performing Financing terhadap tingkat profitabilitas (ROA) 4) pengaruh Rahn, Murabahah dan Non Performing Financing jika diuji secara bersama terhadap Profitabilitas (ROA). Jenis penelitian ini memakai jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah data pembiayaan Rahn, Murabahah dan Non Performing Financing pada PT pegadaian (Persero) periode 2016-2018. Penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu proposive sampling. Jenis data yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersifat kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji kebaikan model dengan bantuan Statistical Package For Social Science (SPSS) versi 20. Kesimpulan penelitian: 1) pembiayaan Rahn berpengaruh langsung secara sigfinikan terhadap tingkat profitabilitas (ROA), 2) pembiayaan Murabahah berpengaruh langsung secara sigfinikan terhadap tingkat profitabilitas (ROA) 3) pembiayaan Non Performing Financing berpengaruh langsung secara sigfinikan terhadap tingkat profitabilitas (ROA). 4) Pembiayaan Rahn, Murabahah dan Non Performing Financing signifikan jika diuji secara bersama terhadap tingkat profitabilitas (ROA). Saran dalam penelitian ini adalah : menambahkan menggunakan data sekunder yang lebih kompleks dan dapat juga membandingkan dengan data primer atau menggunakan survey mandiri. Kata kunci : Rahn, Murabahah, Non Performing Financing, Profitabilitas (ROA)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Mar 2020 07:11
Last Modified: 05 Mar 2020 07:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16936

Actions (login required)

View Item View Item