PUJIYANTO, PUJIYANTO (2019) ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN ASPAL MURNI DENGAN ASPAL MODIFIKASI DICAMPUR GETAH POHON PINUS (Upaya untuk Mengoptimalkan Beban Lalu Lintas Dan kedap air). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (71kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (14kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
Abstract
Aspal yang kita kenal sebagai bahan perkerasan jalan adalah hasil dari proses penyulingan (Distilasi) vakum dan uap atas minyak mentah (crude oil) penyulingan akan memisahkan minyak mentah.Aspal (Bitumen) merupakan suatu lapisan untuk konteruksi jalan raya,yang terdiri dari campuran aspal keras yang bergradasi.untuk prosesnya dicampur dan Di hamparkan dalam keadaan panas pada suhu yang sudah di tetapkan. Penelitian ini perlu dilakukan untuk memperoleh kualitas jalan yang baik. Salah satunya adalah dengan menambahkan cairan padat getah pohon pinus yang akan di campurkan ke dalam campuran marshall. Metode eksperimental di laboratorium perencanaan perkerasan Jalan raya Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang meninjau pengaruh penambahan getah pinus pada campuran aspal terhadap karakteristik Marshall yang meliputi density,Void Filled With Aspalt (VFWA),Void In The Mix (VITM), Stabilitas, Flow, dan Marshall Quotient (QM). Penelitian ini menggunakan Metode marshall dengan percobaan sebanyak 5 kali,dengan jumlah benda uji nya sebanyak 3 buah benda uji dengan kadar aspalnya adalah 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7%. Untuk analisa dari eksperimental terhadap campuran aspal dengan bahan pengikat getah pohon pinus. Direncanakan dengan hasil menghasilkan nilai stabilitas sebesar 1200,5 kg, nilai flow 10,8 mm, nilai porositas 18,07%, nilai densitas atau berat isi 2,316 gr/cm3, nilai VMA 34,9 %, nilai VIM 6,5%, nilai VFA 7,5%, dan nilai MQ 91 kg/mm. Kata kunci : Distilasi, Stabilitas, Flow
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 06:11 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 06:11 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16897 |
Actions (login required)
View Item |