ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN ASPAL MURNI DENGAN ASPAL MODIFIKASI DICAMPUR GETAH POHON PINUS (Upaya untuk Mengoptimalkan Beban Lalu Lintas Dan kedap air)

PUJIYANTO, PUJIYANTO (2019) ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN ASPAL MURNI DENGAN ASPAL MODIFIKASI DICAMPUR GETAH POHON PINUS (Upaya untuk Mengoptimalkan Beban Lalu Lintas Dan kedap air). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

Aspal yang kita kenal sebagai bahan perkerasan jalan adalah hasil dari proses penyulingan (Distilasi) vakum dan uap atas minyak mentah (crude oil) penyulingan akan memisahkan minyak mentah.Aspal (Bitumen) merupakan suatu lapisan untuk konteruksi jalan raya,yang terdiri dari campuran aspal keras yang bergradasi.untuk prosesnya dicampur dan Di hamparkan dalam keadaan panas pada suhu yang sudah di tetapkan. Penelitian ini perlu dilakukan untuk memperoleh kualitas jalan yang baik. Salah satunya adalah dengan menambahkan cairan padat getah pohon pinus yang akan di campurkan ke dalam campuran marshall. Metode eksperimental di laboratorium perencanaan perkerasan Jalan raya Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang meninjau pengaruh penambahan getah pinus pada campuran aspal terhadap karakteristik Marshall yang meliputi density,Void Filled With Aspalt (VFWA),Void In The Mix (VITM), Stabilitas, Flow, dan Marshall Quotient (QM). Penelitian ini menggunakan Metode marshall dengan percobaan sebanyak 5 kali,dengan jumlah benda uji nya sebanyak 3 buah benda uji dengan kadar aspalnya adalah 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7%. Untuk analisa dari eksperimental terhadap campuran aspal dengan bahan pengikat getah pohon pinus. Direncanakan dengan hasil menghasilkan nilai stabilitas sebesar 1200,5 kg, nilai flow 10,8 mm, nilai porositas 18,07%, nilai densitas atau berat isi 2,316 gr/cm3, nilai VMA 34,9 %, nilai VIM 6,5%, nilai VFA 7,5%, dan nilai MQ 91 kg/mm. Kata kunci : Distilasi, Stabilitas, Flow

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 Mar 2020 06:11
Last Modified: 05 Mar 2020 06:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16897

Actions (login required)

View Item View Item