KEWENANGAN NOTARIS DALAM PENDIRIAN PERSEROAN TERBATAS (PT) DENGAN SISTEM ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DI KOTA PEKALONGAN

Geviana, Fathiyya Haura (2019) KEWENANGAN NOTARIS DALAM PENDIRIAN PERSEROAN TERBATAS (PT) DENGAN SISTEM ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DI KOTA PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (591kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (89kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (264kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (87kB)

Abstract

Pelaksanaan pendirian Perseroan Terbatas dengan sistem Online Single Submission sebagai salah satu kewenangan Notaris selaku pejabat umum yang mewakili pemerintah memiliki peran yang sangat penting berdasarkan Undang Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas oleh karena itu, penulis menganggap adanya suatu permasalahan tentang sejauh mana kewenangan notaris dalam pendirian Perseroan Terbatas (PT) dalam sistem Online Single Submission (OSS) , hambatan dan solusi yang terjadi dalam menggunakan sistem online single submission (OSS) di kota pekalongan? Sehingga ditarik tujuan Untuk mengetahui dan menganalisis kewenangan Notaris dalam pendirian Perseroan Terbatas (PT) dalam sistem Online Single Submission (OSS), Untuk menyelesaikan hambatan dan solusinya dalam kewenangan notaris dalam pendirian Perseroan Terbatas (PT) dalam sistem Online Single Submission (OSS).Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis sosiologis, spesifikasi yang digunakan dalam penelitian ini bersifat penelitian deskriptif analisis, yang menganalisis permasalahan menggunakan teori kepastian hukum dan teori kemanfaatan. Berdasarkan Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa di dalam pendirian Perseroan Terbatas kewenangan notaris yang sesungguhnya harus dilakukan sebelum pendirian akan tetapi, kewenangan notaris yang sesungguhnya harus dilakukan sebelum, selama dan sesudah perseroan terbatas itu berdiri. Mekanisme untuk mendirikan usaha pada sistem Online Single Submission (OSS) Untuk perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) langkah pertama untuk bisa mengajukan izin usaha melalui OSS adalah membuat akta pendirian PT sekaligus mendapatkan SK pengesahan. Nomor akta dan nomor SK pengesahan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham nantinya akan dimasukkan ke dalam sistem OSS. Proses mengisi nomor akta dan SK hanya dilakukan bila data PT dari AHU belum terkoneksi. Hal ini mungkin terjadi mengingat saat ini proses migrasi data dari Dirjen AHU ke OSS masih berlangsung. Apabila proses migrasi sudah 100% selesai, maka memasukkan secara manual tidak perlu lagi dilakukan. Kata Kunci: Kewenangan Notaris, Perseroan Terbatas, Online Single Submission (OSS)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 05 Mar 2020 06:04
Last Modified: 05 Mar 2020 06:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16888

Actions (login required)

View Item View Item