Dinata, Johan Arta (2019) REDESAIN JEMBATAN CABLE STAYED G RAND WISATA TOL JAKARTA CIKAMPEK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (338kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (663kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (489kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (214kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
Abstract
Jembatan Cable Stayed merupakan struktur yang mempunyai sederetan kabel lurus yang memikul elemen horizontal kaku (berupa balok, rangka, atau gelagar). Jembatan Cable Stayed terdiri dari sistem struktur berupa gelagar menerus yang didukung dengan tumpuan berupa kabel yang dibentangkan miring dan dihubungkan ke menara atau pylon sebagai penahan struktur utama. Jembatan jenis ini memiliki keunggulan karakteristik dibandingkan dengan tipe jembatan bentang panjang baik dari segi teknis, ekonomis, dan estetika. Tugas akhir ini membahas tentang “Redesain Jembatan Cable Stayed Tol Jakarta – Cikampek”. Jembatan ini memiliki bentang total panjang 81 meter dengan lebar jembatan 8 meter. Konfirugasi kabel jembatan pada arah memanjang bagian depan menggunakan modifed fan pattern dan pada bagian belakang menggunakan single plane system. Material penyusun struktur lantai kendaraan menggunakan struktur beton bertulang. Adapun hasil dari perencanaan ini struktur sekunder terdiri atas railing dengan profil baja hollow diameter 76,2 mm, kerb dengan tebal 200 mm, pelat lantai kendaraan dengan tebal pelat beton 250 mm dan aspal 50 mm, dan gelagar yang terdiri dari gelagar melintang IWF 900x300, gelagar memanjang IWF 900x300 serta kualitas. Sedangkan struktur utama terdiri atas gelagar utama yang menggunakan baja IWF 900x300, kemudian stay cable tersusun atas 7-wire strand berdiameter 10 cm dan pylon yang disesain menggunakan material beton bertulang dengan dimensi bawah 400x200 m dan dimensi atas 200x200 dengan rongga didalamnya. Untuk permodelan struktur utama dan analisa struktur menggunakan software SAP2000 guna menghitung momen mekanika teknik yang ada pada struktur jembatan. Selanjutnya Jembatan juga dianalisadri segi pembebanan seperti beban gempa, beban mati, beban hidup, dan beban angin, dan beban kendaraan. Kata Kunci : Struktur; mutu pylon ; cable; gelagar; abutment; pondasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 04:54 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 04:54 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16796 |
Actions (login required)
View Item |