ANALISIS PELAKSANAAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Kawasan Pasar Johar Tahap III/ Segmen Alun-Alun Johar Semarang)

DWI P., IPNU AMOJO (2019) ANALISIS PELAKSANAAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Kawasan Pasar Johar Tahap III/ Segmen Alun-Alun Johar Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)

Abstract

Penyelenggaraan Proyek Pembangunan Kawasan Pasar Johar Tahap III/Segmen Alun-Alun Johar Semarang berdasarkan pemerintah Kota Semarang untuk mengembalikan fungsi awalnya sebagai alun-alun Johar Semarang untuk menambah ruang terbuka hijau dikota Semarang. Tujuan dari Penelitian ini yaitu mengetahui upaya penerapan keamanan dan keselamatan kerja (K3) dengan melakukan identifikasi dan pengendalian kecelakaan kerja diarea proyek. apakah sudah sesuai dengan Standar Oprasional Procedure (SOP) yang ada pada rencana pekerjaan dengan perartuan yang berlaku untuk bangunan konstruksi. Data dalam penelitian ini didapat melalui penyebaran kuisioner, pengamatan langsung, dan wawancara pada Proyek Pembangunan Kawasan Pasar Johar Tahap III/Segmen Alun-Alun Johar Semarang kepada Kontraktor sebagai penyedai jasa, Konsultan Manajemen Konstruksi, Sub. Kontraktor serta Mandor di proyek tersebut. Dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA), yaitu suatu metode analisis keselamatan dengan cara mengidentifikasi bahaya pada suatu pekerjaan dan mengendalikan resiko kecelakaan kerja yang akan terjadi saat bekerja. pada penelitian ini, telah dibuat standar rekomendasi prosedur kerja yang aman untuk pekerjaan-pekerjaan yang menjadi objek penelitian ini melalui tabel-tabel JSA. Berdasarkan data yang didapat menunjukan upaya penerapan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3), dengan mengidentifikasi bahaya yang ada diarea proyek serta mengendalikan kecelakaan kerja agar dapat meminimalisir incident didalam pekerjan. Selanjutnya dalam upaya itu maka dengan pengolahan data, didapatkan nilai-nilai yang menunjukan angka Jumlah, Bobot, IKR, dan Keterangan Kepentingan. IKR sendiri mempunyai kriteria penilaian yang berbeda-beda untuk mengetahui seberapa penting dengan angka yaitu, 0,400-0,0590. 0,600-0,790. 0,800-0,990. Data yang didapatkan maka dapat diketahui seberapa sangat penting atau penting dalam upaya penerapan K3 diarea proyek untuk dilaksanakan dan diterapkan oleh semua pihak yang ikut serta didalam pekerjaan agar terwujudnya zero accident didalam proyek. Kata Kunci : Keamanan dan Keselamatan Kerja, JSA, Proyek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:44
Last Modified: 03 Mar 2020 04:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16786

Actions (login required)

View Item View Item