PERAN KANTOR PERTANAHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT MENGENAI PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP DI KABUPATEN DEMAK

Chamid, Nur (2019) PERAN KANTOR PERTANAHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT MENGENAI PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP DI KABUPATEN DEMAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (111kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (170kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (169kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (504kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (229kB)

Abstract

Pendaftaran Tanah bertujuan untuk Memberikan Kepastian Hukum atas Hak Milik Tanah dan untuk Menciptakan Tertib Administrasi Pertanahan. Salah 1 (satu) Program Pemerintah dalam mencapai Tujuan tersebut adalah dengan Melaksanakan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap melalui Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2018 tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia dan Pemberlakuan Peraturan Menteri Negara Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 tahun 2018 tentang Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Permasalahan dalam pembahasan atau penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Peran Kantor Pertanahan dalam Upaya Meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap pada tahun 2018 dan tahun 2019 di Kabupaten Demak ? 2. Bagaimana Kendala dan, Solusinya, Kantor Pertanahan Kabupaten Demak Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap? Pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan hukum yuridis normatif dan yuridis empiris. Jenis data terdiri dari data sekunder dan data primer yang dikumpulkan dengan wawancara dan dokumentasi Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Dari Hasil Pembahasan dan penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap pada tanah yang belum bersertifikat berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Negara Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018 meliputi: penetapan lokasi kegiatan PTSL, Pembentukan dan Penetapan Panitia Ajudikasi PTSL, Penyuluhan, Pengumpulan Data Fisik dan Data Yuridis bidang Tanah, Pemeriksaan Tanah, Pengumuman Data Fisik dan Data Yuridis Bidang Tanah serta Pembuktian Hak, Penerbitan Keputusan Pemberian atau Pengakuan Hak atas Tanah, Pembukuan dan Penerbitan Sertipikat Hak atas Tanah serta Penyerahan Sertifikat Hak atas Tanah.dan (2) Kendala dan Solusi Kantor Pertanahan Kabupaten Demak Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap adalah adanya sanggahan atau keberatan dari Pihak-pihak lain terhadap Proses Pendaftaran Tanah melalui PTSL yang dilaksanakan oleh Pendaftar, Pemohon Sulit dalam melengkapi Persyaratan Permohonan Pendaftaran Tanah melalui PTSL, dan masih Rendahnya Pemahaman Masyarakat terhadap Hukum dibidang Pertanahan Saran dalam Penelitian ini adalah: (1) Pemerintah Kabupaten Demak bersama Kantor Pertanahan agar lebih meningkatkan Pelayanan terhadap Masyarakat, khususnya di bidang Pertanahan. (2) Badan Pertanahan Kabupaten Demak agar Meningkatkan Penyuluhan Hukum atau Sosialisasi tentang Pertanahan. Kata Kunci: Tentang Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, di Kabupaten Demak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 28 Feb 2020 02:36
Last Modified: 28 Feb 2020 02:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16636

Actions (login required)

View Item View Item