ANALISIS KINERJA RUAS JALAN HAYAM WURUK KOTA PEKALONGAN SEGMEN JALAN DEPAN HOTEL HAJAM WURUK SAMPAI TOKO SERUNI KOTA PEKALONGAN

TANJUNG, MUHAMMAD (2019) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN HAYAM WURUK KOTA PEKALONGAN SEGMEN JALAN DEPAN HOTEL HAJAM WURUK SAMPAI TOKO SERUNI KOTA PEKALONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (536kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (799kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Masalah kemacetan pada suatu ruas jalan sering terjadi pada daerah perkotaan. Kemacetan lalu lintas mempunyai akibat yang sangat besar apabila kita cermati. Sebagai salah satu contohnya adalah jalan Hayam Wuruk Segmen jalan depan Hotel Hajam Wuruk Kota Pekalongan dimana mempunyai peranan yang penting dalam mendukung sektor-sektor perdagangan, perkantoran, dan pendidikan, dan juga jasa yang semuanya ini akan berjalan baik apabila sarana mendukung dan cukup memadai. Suatu jalan Apabila volume arus lalu lintas sudah hampir mendekati atau melebihi kapasitas jalan yang akan menimbulkan suatu kemacetan sehingga perjalanan sudah tidak nyaman lagi. Metodologi manual traffic counts dengan kinerja ruas jalan perkotaan yang dilakukan dengan kamera video dan menghitungnya menggunakan finger counter, dilakukan dengan indikator kinerja yaitu kecepatan arus bebas (Free Flow Speed/FV), kapasitas (Capacity/C), derajat kejenuhan (Degree of Saturation/DS), kecepatan tempuh dan waktu tempuh rata – rata (Traveling Time/TT), serta menganalisis tingkat pelayanan (Level of Service/LOS) pada ruas jalan tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis segmen jalan tersebut pada bulan Januari tahun 2019 memiliki kecepatan arus bebas (FV) = 55,2 km/jam, kapasitas (C) = 2295.93 SMP/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0.36 yang masih perkotaan, kecepatan tempuh (V) = 31 km/jam, waktu tempuh rata – rata (TT) = 23,32 detik. Tingkat pelayanan (Level of Service/LOS) dikategorikan tingkat C. Berdasarkan hasil perhitungan yang terjadi pada tahun 2019, perlu menjaga nilai arus lalu lintas dan selalu memantau volume kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut. Kata kunci: Kemacetan, Ruas Jalan, Volume Lalu Lintas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:01
Last Modified: 27 Feb 2020 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16594

Actions (login required)

View Item View Item