Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Dalam Perspektif Undang – Undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan Dan Hukum Islam (Tinjauan Terhadap Permendagri No. 9 Tahun 2016)

Juwariyah, Siti (2019) Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Dalam Perspektif Undang – Undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan Dan Hukum Islam (Tinjauan Terhadap Permendagri No. 9 Tahun 2016). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (756kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (163kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (213kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (297kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (374kB)

Abstract

Status anak luar nikah sampai saat ini masih menimbulkan pro dan kontra tentang keabsahannya. Untuk menjembataninya dibuatlah SPTJM sebagai syarat mendapatkan akta kelahiran agar secara administratif hak-haknya dapat diberikan oleh negara. Akan tetapi keberadaan SPTJM tetap memunculkan beragam problem, diantaranya adalah pertama, adanya ketidakseimbangan pemberian posisi antara SPTJM dengan buku nikah/akta perkawinan berdasarkan UU Nomor 1 Tahun 1974 dan hukum Islam. Kedua, akibat hukum terhadap anak yang dituangkan dalam SPTJM, yang belum diketahui secara pasti hubungan perkawinan kedua orang tuanya, atau ketidakjelasan nasab anak menurut hukum Islam. Ketiga, semakin terbukanya poligami liar, karena anak keturunannya juga akan mendapatkan akta lahir di satu sisi, dan merugikan istri sah dari suami yang berpoligami tanpa sepengetahuan istri sahnya, di sisi lain. Berdasarkan problem di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana status anak dalam perspektif Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan Hukum Islam? Bagaimana akibat hukum yang timbul dari keluarnya Permendagri Nomor 9 Tahun 2016 terkait status anak hasil dari SPTJM tersebut? Dan apakah kelemahan dan solusinya terhadap status anak dalam Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) itu dalam perspektif Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan Hukum Islam? Metode pendekatan yang digunakan dalan penelitian adalah yuridis normative. Sumber datanya adalah data kepustakaan dan lapangan. Data kepustakaan di ambil dari buku-buku melalui melalui studi kepustakaan; sementara data lapangan di ambil dari informan penelitian. Metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, status anak menurut UndangUndang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan terbagi menjadi anak sah dan anak luar perkawinan. Sementara menurut Hukum Islam anak terbagi menjadi Anak sah dan anak luar perkawinan. Kedua status tersebut mempunyai akibat hukum terkait hak-hak keperdataan anak, hak untuk mengetahui nasab kedua orang tuanya, hak untuk mendapatkan nafkah, hak memperoleh kewarisan dari kedua orang tuanya dan hak memperoleh identitas anak seperti akta kelahiran. Kedua, SPTJM berfungsi sebagai pelengkap data karena tidak terpenuhi salah satu persyaratan dari pembuatan akta kelahiran, yaitu data kelahiran, data perkawinan, dan anak yang tidak diketahui asal usulnya. Karena itu, akan mempengaruhi status anak yang tercantum dalam akta kelahiran. Ketiga, kelemahan status anak dalam SPTJM lebih disebabkan oleh tidak adanya kejelasan secara tegas dan rinci terkait pemilahan status anak yang disebut dalam SPTJM berdasarkan klasifikasinya, karena harus mengelaborasi dari beberapa peraturan perundangan-undangan lain untuk menentukan status anak tersebut. Kata Kunci: SPTJM, Anak Luar Nikah, Perkawinan, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:33
Last Modified: 24 Feb 2020 02:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16332

Actions (login required)

View Item View Item