USULAN PERBAIKAN PADA PERMASALAHAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK PENENTUAN RUTE OPTIMUM (Studi Kasus: PT KAHA INDONESIA PATI)

LAILI, ARINA NUR (2019) USULAN PERBAIKAN PADA PERMASALAHAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK PENENTUAN RUTE OPTIMUM (Studi Kasus: PT KAHA INDONESIA PATI). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (958kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

PT Kaha Indonesia merupakan perusahaan yang memproduksi produk-produk agroindustri dan bahan bangunan. Selain kegiatan produksi, perusahaan juga melakukan distribusi produk ke pelanggan. Wilayah distribusi untuk hasil agroindustri, hingga saat ini yaitu 41 titik pelanggan yang meliputi kabupaten Pati, Rembang, Jepara, Purwodadi, Tuban dan Blora. Pada saat ini, pertimbangan pengiriman dalam rute distribusi yang dilakukan hanya berdasarkan keterbatasan kapasitas, volume barang yang diangkut, dan berdasarkan intuisi driver tanpa mempertimbangkan jarak tempuh. Sehingga belum diketahui apakah biaya distribusi yang berupa biaya bahan bakar yang dikeluarkan saat ini sudah minimal atau belum, karena biaya tersebut terkait dengan jarak tempuh yang digunakan. Proses pengiriman yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan pada waktu pemesanan yang dilakukan oleh pelanggan dan besar permintaan pelanggan. Karena jumlah permintaan yang berbeda, ada kalanya truk yang dimiliki perusahaan sebesar 4 armada dengan kapasitas masing-masing 8 ton (8000 kg) tidak mencukupi atau tidak digunakan secara optimal. Jumlah permintaan yang berbeda juga berpengaruh terhadap waktu loading-unloading barang. Akibatnya, perusahaan masih menemui kesulitan dalam waktu pengiriman barang ke pelanggan. Selain itu, waktu pendistribusian barang yang dilakukan oleh perusahaan juga harus disesuaikan dengan jam buka pelanggan (time windows) yang dimulai dari pukul 08.00-16.00 WIB pada setiap hari kerja. Berdasarkan uraian tersebut, maka perlu dilakukan perbaikan terkait permasalahan yang melibatkan rute kendaraan yang melayani pelanggan yang tersebar diberbagai titik lokasi dengan permintaan yang berbeda-beda atau biasa disebut dengan vehicle routing problem (VRP) dengan tujuan memberikan usulan perbaikan jalur distribusi yang optimal untuk mengurangi biaya transportasi serta meningkatkan efesiensi pengiriman produk pada PT Kaha Indonesia. Data yang dibutuhkan terkait data jarak, permintaan, kapasitas armada dan biaya distribusi yang berupa biaya bahan bakar. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan penentuan rute baru menghasilkan penurunan jarak tempuh sebesar 17.21%, penurunan waktu distribusi sebesar 50% dan penurunan biaya distribusi sebesar 17.21%. Kata kunci: Distribusi, PT kaha Indonesia, Time Windows, Vehicle Routing Problem

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Feb 2020 06:26
Last Modified: 18 Feb 2020 06:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16117

Actions (login required)

View Item View Item