PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI KASUS : NO.5/PIDSUS-ANAK/2015/PN.SMG)

DEVIANI, RIZKA NUR ANNISA (2019) PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI KASUS : NO.5/PIDSUS-ANAK/2015/PN.SMG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (167kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (113kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (331kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (251kB)

Abstract

Permasalahan penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh seorang anak pada zaman pembangunan nasional saat ini semakin tinggi intensitasnya, bahkan dengan suatu peredaran serta penggunaan narkotika yang dilakukan secara melawan hukum tidak hanya berada di kota-kota besar namun hampir semua kota maupun kabupaten di seluruh indonesia tersebut. Rumusan dalam skripsi saya antara lain sebagai berikut : (1) Bagaimana proses penerapan sanksi terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana narkotika?, (2) Bagaimana pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana narkotika? Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis pendekatan yuridis normatif atau penelitian hukum doctrinal, merupakan penelitian yang menggunakan sumber data sekunder. Data sekunder yang mempunyai ruang lingkup yang meliputi surat-surat pribadi, buku-buku, sampai dengan dokumen-dokumen yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah. Hakim menerapkan sanksi pidana terhadap anak yang berdasarkan pada ketentuan Pasal 79 Ayat (2) penerapan sanksi dari ancaman hukuman yang sesungguhnya menurut ketentuan Pasal 127 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika sehingga untuk anak ½ dari ancaman pidana yang berdasarkan Pasal 127 Ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika yaitu maksimal 2 tahun penjara, maka Hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap anak selama 9 (sembilan) bulan sudah sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Hakim menjatuhkan pidana terhadap Terdawa yang telah terbukti secara sah bersalah dan meyakinkan melakukan perbuatan tindak pidana “Secara Tanpa Hak Melawan Hukum Menyalahgunakan Narkotika Golongan I untuk kepentingan dirinya sendiri”. Bahwa perbuatan terdakwa sebagaimana yang telah diatur dan diancam dalam Pasal 127 Ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, sehingga Hakim menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 9 (sembilan) bulan. Kata kunci : Sanksi Pidana, Pelaku, Tindak Pidana, Narkotika, Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Feb 2020 08:52
Last Modified: 17 Feb 2020 08:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16066

Actions (login required)

View Item View Item