Peran komisi pemilihan umum daerah kabupaten Semarang dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada pemilu serentak 2019

SUSILO, JOKO (2019) Peran komisi pemilihan umum daerah kabupaten Semarang dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada pemilu serentak 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (178kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (105kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (343kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (102kB)

Abstract

Pemilu serentak 2019 adalah Pemilu yang menggabungkan antara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat,Dewan P erwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, sesuai dengan putusan Makamah Konstitusi Nomor 14/PUU-XI/2013 tentang Pemilu serentak. Pemilu serentak merupakan tantangan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku lembaga peneyelenggara Pemilu, karena Pemilu serentak merupakan Pemilu yang paling berat dibandingkan Pemilu sebelumnya. Penelitian ini membahas tentang peran KPU Kabupaten Semarang dalam meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu serentak 2019. Jenis penlitianaan penulisan hukum ini adalah penelitian yang terjun langsung ke lapangan/ empiris. Sedangakan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis adalah suatu penelitian yang didassarkan pada suatu kententuan hukum dan fenoma yang terjadi di lapangan Dalam Pemilu partispasi politik masyarakat menjadi salah satu bagian penting terhadap suksesnya penyelenggaraan Pemilu. KPU sebagai penyelenggara berkewajiaban mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 ini. Sosialisasi Pemilu serentak yang dilakukan oleh KPU sebagai upaya dalam meningkatkan partispasi politik dan peran masyarakat. KPU Kabupaten Semarang telah berhasil meningkatkan partisipasi politik Pemilu serentak 2019 di masyarakat Kabupaten Semarang, dengan partisipasi pemilih yaittu 86 persen angka tersebut telah melampaui target yakni 80 persen yang di targetkan oleh KPU. Angka tersebut lebih tinggi dibanding dengan jumlah partisipsi politik di Pemilukada Jawa Tengah tahun 2018. Partisipasi politik yang tinggi dari masyarakat tidak lepas dari sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten semarang yang tepat sasaran yaitu melakukan sosisalisasi secara masif pada pemilih pemula di sekolah-sekolah, selain itu dibentuknya relawan demokrasi juga berpenagruh secara signifikan terhadap meningkatnya partisipasi politik. Relawan demokrasi dibentuk oleh KPU Kabupaten Semarang dengan tujuan agar masyarakat mempunyai peran penting dalam penyelenggaraan Pemilu serentak 2019ini sekaligus sebagai pendidikan demokrasi untuk masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kualitas Pemilu. Kata Kunci : Pemilu serentak, KPU, Partispasi Politik, Sosialisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Feb 2020 08:50
Last Modified: 17 Feb 2020 08:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16063

Actions (login required)

View Item View Item