TINJAUAN HUKUM TENTANG PEMIDANAAN KASUS KEKERASAN YANG DILAKUKAN GURU TERHADAP PERSERTA DIDIK (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Banyuwangi )

FAWZI, ADE PANGESTU (2019) TINJAUAN HUKUM TENTANG PEMIDANAAN KASUS KEKERASAN YANG DILAKUKAN GURU TERHADAP PERSERTA DIDIK (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Banyuwangi ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (528kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (230kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (94kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (112kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (272kB)

Abstract

Guru dan murid merupakan eleman dalam mendukung terciptanya kegiatan belajar dan mengajar. Baik dalam pembalajaran di dalam kelas maupun diluar kelas. Guru memang menemmpati kedududkan yang terhormat di masyarakat. Guru dapat dihormati oleh masyarakat karena kewibaanya sehinggga masyarakat tidak meragukan figure guru. Rumusan masalah yang diajukan yaitu pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana dalam kasus kekerasan yang dilakukan oleh guru terhadap perserta didik di Pengadilan Negeri Banyuwangi dan Faktor-faktor yang menjadi kendala serta solusi dalam menjatuhkan pidana kasus kekerasan guru terhadap peserta didik di Pengadilan Negeri Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis sosiologis. Analisa data yang digunakan adalah kualitatif yaitu suatu tata cara penelitian yang menghasilkan deskriptif-analisis. Adapaun sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari studi lapangan dengan wawancara dengan Hakim Pengadilan Negeri Banyuwangi. Dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu Pertimbangan Hakim menyatakan unsur-unsur Pasal 80 (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak telah terpenuhi secara sah dan menurut hukum harusnya Terdakwa tidak dilepaskan dari segala tuntutan hukum. Dengan hal tersebut sesuai yurisprudensi Mahkamah Agung yang menyatakan guru tidak dapat dipidana dalam rangka mendisiplinkan peserta didik, akan tetapi seharusnya Hakim tidak hanya mempertimbangkan aturan tersebut. Kendala: Faktor hukumya sendiri; Faktor penegakan hukum, yakni pihak-pihak yang membentuk maupun menetapkan hukum; Faktor sarana atau fasilitas yang mendukung penegakan hukum; Faktor masyarakat, yaitu lingkungan dimana hukum tersebut berlaku atau diterapkan; dan Faktor kebudayaan, yakni sebagai hasil karya, cipta, dan rasa yang didasarkan pada karsa manusia didalam pergaulan hidup. Solusi Pihak sekolah berusaha memberikan pembinaan terhadap semua guru untuk membentuk konsep pendidikan ramah anak, Guru berdiskusi dan membentuk kesepakatan dengan siswa tentang peraturan bagi siswa yang tidak tertib, Sosialisasi tata tertib terhadap siswa, Membentuk wadah sosialisasi dan komunikasi yang rutin dengan pihak orang tua siswa, Konsep sekolah yang ramah anak pada setiap kurikulum pembelajaran. Kata Kunci : Pemidanaan, Kekerasan, Guru, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Feb 2020 08:50
Last Modified: 17 Feb 2020 08:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16062

Actions (login required)

View Item View Item