KONVERGENSI MEDIA DI RADIO GAJAHMADA FM SEMARANG

Tyas, Widi Wahyuning (2019) KONVERGENSI MEDIA DI RADIO GAJAHMADA FM SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (482kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Konvergensi media saat ini menjadi upaya pilihan yang banyak diterapkan oleh media konvensional seperti radio, salah satunya adalah Gajahmada FM. Hal ini terlihat dari disediakannya platform online seperti media sosial dan radio streaming, sehingga, terjadi penggabungan antara media konvensional dan teknologi. Upaya ini dilakukan untuk tetap bertahan di era digital, sebab radio perlu mengikuti perubahan kebutuhan masyarakat yang saat ini serba bergantung dengan internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan konvergensi media di radio Gajahmada FM Semarang. Paradigma yang digunakan adalah konstrukstivisme. Sumber data diperoleh dari data primer melalui observasi dan wawancara, dan data sekunder melalui dokumentasi berupa buku dan situs website. Peneliti menggunakan teori konvergensi media dari Henry Jenkins dengan pengembangan konsep 5 dimensi konvergensi media oleh Grant dan Wilkinson. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Gajahmada FM telah menerapkan konvergensi media sesuai lima dimensi konvergensi media yang telah dirumuskan oleh Grant dan Wilkinson, yakni konvergensi teknologi dengan memanfaatkan teknologi radio streaming di website dan penggunaan media sosial berupa Facebook, Twitter, dan Instagram, kemudian konten multimedia dengan aktif memproduksi konten multimedia berbentuk teks, foto, dan video, selanjutnya adalah kepemilikan dengan Gajahmada Group bersama Radio Imelda FM dan Radio Swara Semarang, kemudian kolaborasi dengan radio lain yang masih dalam satu naungan kepemilikan yakni Imelda FM dan Radio Swara Semarang, serta koordinasi yang diwujudkan dengan adanya kerjasama lintas divisi secara internal. Sedangkan dalam penerapan konvergensi media, ada tiga aspek yang diperhatikan, yakni produktivitas dengan memaksimalkan produksi dari berbagai bagian radio seperti karyawan, siaran, dan konten, kemudian interaktivitas dengan memberikan keleluasaan bagi pendengar untuk berinteraksi dengan penyiar melalui berbagai platform, serta yang terakhir adalah loyalitas dengan mempertahankan unsur kesetiaan dari pendengar lama yang sudah tidak tinggal di Semarang dan mendengarkan Gajahmada FM melalui radio streaming. Sayangnya, terdapat hambatan dalam proses penerapan konvergensi media, yakni kurangnya SDM dan terbatasnya perlengkapan. Hal menyebabkan pengelolaan website Gajahmada FM menjadi sangat tidak maksimal. Kata kunci : Konvergensi media, media baru, radio Gajahmada FM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Feb 2020 08:47
Last Modified: 17 Feb 2020 08:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16059

Actions (login required)

View Item View Item