Safiqurrohman, Muhammad (2019) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN BIRO PERJALANAN HALMAHERA RAYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (347kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (263kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (286kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (497kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
Abstract
Di Kota Semarang terdapat banyak jasa biro perjalanan, salah satunya adalah Halmahera Tour And Travel yang bertempat di Jalan Lamper Tengah VIII B Gayamsari Semarang. Dalam kurun waktu satu bulan Halmahera rata-rata melayani pemberangkatan perjalanan wisata sebanyak Lima sampai Delapan kali pemberangkatan. Namun di sisi lain, banyak kompetitor yang juga melayani perjalanan wisata, Biro Halmahera juga sempat mengalami komplain dari klien mengenai kualitas pelayanan yang kurang memuaskan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap konsumen Halmahera. Dengan menggunakan krangka berfikir positivisme dan menggunakan metode penelitian Eksplanatori serta menggunakan teori kepuasan konsumen. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang siswa dan siswi SMA di kota Semarang. Menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pengujian SPSS menyatakan: Uji Validitas kuesioner dalam penelitian ini, 100 item pertanyaan memiliki rHitung>rTabel, dapat dikatakan kuesioner dinyatakan valid. Uji Reliabilitas keempat variabel menghasilkan nilai Alpha>rTabel, maka dinyatakan reliabel. Uji Normalitas penelitian ini menghasilkan nilai Sig>0,05 maka data dinyatakan bedistribusi normal. Koefisisien determinan penelitian ini sebesar 0,609 jadi tingkat hubungan variabel kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen berada pada tingkat Sedang. Hasil temuan dalam penelitian ini yaitu ketiga hipotesis H1,H2 dan H3. Terdapat pengaruh positif kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. terbukti dari hasil tHitung sebesar 3,193 dengan nilai signifikansi 0,020. (0,020<0,05) maka hipotesis diterima. Terdapat pengaruh negatif Harga terhadap kepuasan konsumen. Terbukti dari dari hasil tHitung sebesar -1,955 dengan nilai signifikansi 0,053. (0,053>0,05) maka hipotesis ditolak. Terdapat pengaruh positif kualitas Pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Terbukti dari dari hasil tHitung sebesar 5,860 dengan nilai signifikansi 0,000. (0,000<0,05) maka hipotesis diterima. Keterbatasan penelitian ini adalah 1) instrumen penelitian penelitian menghasilkan data dengan kerataan seedang. 2)Keterbatasan dengan penggunaan kuesioner sering mendapati responden dengan jawaban yang tidak reliabel atau dipilih jalan tengahnya saja. Untuk penelitian seelanjutnya sebaiknya menambahkan variabel loyalitas konsumen dan keputusan pembelian karena dapat saling mempengaruhi. Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen, Biro Perjalanan, Halmahera
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 08:25 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 08:25 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16045 |
Actions (login required)
View Item |