KOMODIFIKASI BUDAYA BATIK PADA PROGRAM “NGULIK BATIK” (KAJIAN TERHADAP TELEVISI LOKAL BATIK TV PEKALONGAN)

TAKARINAWATI, FARAH GAHARA (2019) KOMODIFIKASI BUDAYA BATIK PADA PROGRAM “NGULIK BATIK” (KAJIAN TERHADAP TELEVISI LOKAL BATIK TV PEKALONGAN). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (925kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (490kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Batik TV mengangkat tentang batik khas Pekalongan sebagai program yaitu Ngulik Batik, dimana batik adalah budaya yang berasal dari Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Batik dijadikan sebagai komoditas dalam program “Ngulik Batik” yang mengarah pada proses komodifikasi dalam produksinya dan juga untuk mengetahui proses produksi program “Ngulik Batik” dalam mengubah Batik menjadi sebuah program yang ada di Batik TV Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Subjek dalam penelitian ada dua narasumber dari Batik TV Pekalongan yang menjabat sebagai Direktur Operasional dan Kepala Divisi Program Non News dan didukung oleh satu narasumber yaitu pengamat budaya Pekalongan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kritis. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian adalah Teori Ekonomi Politik Media menurut Vincent Mosco. Hasil dari penelitian ini yaitu komodifikasi yang terjadi pada program acara Ngulik Batik adalah komodifikasi isi. Komodifikasi isi terjadi melalui proses penyesuaian isi tayangan pada proses produksi dan distribusinya. Komodifikasi isi juga terlihat dengan mengangkat tema batik sebagai konten program sebagai alat untuk memperoleh keuntungan. Proses produksinya sendiri presenter melakukan gimmick dalam setiap tayangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses komodifikasi ini mengakibatkan batik mengalami proses penurunan nilai, yaitu dari nilai guna menjadi nilai jual. Peneliti melihat pada prakteknya komponen batik dimanfaatkan oleh Batik TV sebagai materi program yang ditayangkan. Komodifikasi yang dilakukan pada media penyiaran publik menunjukkan bahwa program siaran yang ditayangkan oleh televisi publik tidak hanya untuk kepentingan penonton melainkan untuk meraih kepentingan pasar semata yang digunakan sebagai alat persaingan. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah penelitian hanya meneliti pada salah satu bentuk komodifikasi yaitu komodikasi isi. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu agar penelitian ini dikembangkan dan lebih mendalam lagi untuk mengungkap ketiga macam komodifikasi pada suatu program acara televisi lainnya. Kata Kunci : Komodifikasi, Budaya Batik, Televisi Lokal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Feb 2020 08:23
Last Modified: 17 Feb 2020 08:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16039

Actions (login required)

View Item View Item