KEBUTUHAN INFORMASI BERBAHASA INGGRIS, PENGGUNAAN YOUTUBE DAN KEPUASAN PADA MAHASISWA UNISSULA SEMARANG

RIYANTO, DONI (2019) KEBUTUHAN INFORMASI BERBAHASA INGGRIS, PENGGUNAAN YOUTUBE DAN KEPUASAN PADA MAHASISWA UNISSULA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (507kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (480kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Semakin berkembangnya zaman kebutuhan informasi mahasiswa semakin beragam dan mempengaruhi penggunaan media. Media yang banyak digunakan mahasiswa saat ini adalah media sosial dengan pengguna terbanyak adalah Youtube, dengan bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa yang paling populer. Masalahnya kemampuan berbahasa Inggris masyarakat Indonesia tergolong rendah, padahal penggunaan media pada Youtube dan kemampuan berbahasa ini dimungkinkan mempengaruhi kepuasan. Karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan informasi yang mendasari penggunaan media, kepuasan yang didapat serta hubungan kebutuhan informasi dengan kepuasan, dengan penggunaan media sebagai variabel kontrol. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma positivisme dengan teori Uses and Gratifications yang menyatakan bahwa audien aktif dan berorientasi pada tujuan ketika menggunakan media, audien sadar sepenuhnya terhadap ketertarikan, motif, dan penggunaan media serta penilaian isi media ditentukan oleh audien. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan hasil berupa angka, dengan Purposive Sampling data didapat dari 100 mahasiswa Unissula yang pernah menonton video berbahasa Inggris di Youtube. Data kemudian diolah menggunakan SPSS dengan teknik analisis uji korelasi parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan berkhayal dalam hal melupakan sejenak rutinitas kuliah sebagai kebutuhan informasi yang tergolong paling tinggi, kebutuhan lainnya tergolong tinggi kecuali kebutuhan afektif dalam hal konten yang bisa menyentuh perasaan yang hanya tergolong sedang. Kepuasan kognitif dan kepuasan berkhayal yang didapat tergolong tinggi, lalu kepuasan afektif dan kepuasan integrasi personal diantara sedang dan tinggi, sedangkan kepuasan integrasi sosial hanya tergolong sedang. Hubungan antara kebutuhan informasi dan kepuasan dengan penggunaan media sebagai variabel kontrol adalah Signifikan (nyata), dengan nilai koefisien korelasi (Correlations) sebesar 0,328 dan nilai significance (2-tailed) sebesar 0,001. Nilai korelasi 0,328 bernilai positif tapi tergolong lemah sehingga disimpulkan bahwa antara kebutuhan informasi dan kepuasan terdapat hubungan searah, jika kebutuhan informasi naik maka kepuasan juga akan naik, begitu pula sebaliknya. Fokus penelitian ini hanya terbatas pada Youtube sehingga direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya bisa meneliti media sosial yang lain. Kata kunci : Kebutuhan Informasi, Penggunaan Media, Kepuasan, Media Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Feb 2020 08:22
Last Modified: 17 Feb 2020 08:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16036

Actions (login required)

View Item View Item