PENGALAMAN KOMUNIKASI PENGASUH PENYANDANG CACAT GANDA DI PANTI ASUHAN AL-RIFDAH

DINANA, ANNA (2019) PENGALAMAN KOMUNIKASI PENGASUH PENYANDANG CACAT GANDA DI PANTI ASUHAN AL-RIFDAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah komunikasi antara pengasuh dengan anak cacat di Panti Asuhan Cacat Ganda Al-Rifdah. Hal ini karena, didalam berkomunikasi pengasuh membutuhkan cara tersendiri agar mampu memahami apa yang disampaikan anak cacat ganda kepada pengasuh, di samping itu anak cacat ganda juga membutuhkan perilaku khusus dalam berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman dari pengasuh penyandang cacat ganda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Subjek dalam penelitian ada tiga informan dari Panti Asuhan Cacat Ganda Al-Rifdah. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian adalah Teori Penetrasi Sosial menurut Altman dan Taylor dan Interaksi Simbolik menurut Mead and Blummer. Hasil dari penelitian ini yaitu pengalaman komunikasi ketiga informan pengasuh anak cacat ganda sama-sama memiliki kesulitan dalam hal berkomuikasi dan berinteraksi. Dengan adanya interaksi simbolik pengasuh bisa memahami makna pesan yang di sampaikan anak kepada pengasuh. Ketiga informan juga perlu melakukan pendekatan dan penyesuaian. melalui pendekatan Komunikasi Antar Pribadi pengasuh akan semakin intim dan nyaman satu sama lain. Dari penelitian ini pengalaman komunikasi pengasuh anak cacat ganda di Panti Asuhan Cacat Ganda Al-Rifdah terdapat berbagai kesulitan terutama saat pengasuh berinteraksi dengan anak cacat ganda. Pendekatan yang dilakukan pengasuh memiliki hambatan dalam berkomunikasi maupun memahami pesan yang disampaikan anak penyandang cacat ganda, karena penyandang cacat ganda notabe nya sudah memiliki keterbatasan mental dan fisik sejak lahir. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah hanya meneliti pengalaman komunikasi pengasuh dipanti Panti Asuhan Cacat Ganda Al-Rifdah. mungkin akan lebih beragam lagi pengalaman komunikasi untuk penelitian selanjutnya dengan tema yang berbeda. Kata Kunci : pengalaman, Komunikasi, Pengasuh, Penyandang Cacat Ganda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2020 06:37
Last Modified: 13 Feb 2020 06:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16028

Actions (login required)

View Item View Item