THE EFFECTIVENESS OF EXTENSIVE READING TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING EXPLANATION TEXT (An Experimental Research of the Eleventh Grade Students of Islamic School in Semarang in the Academic Year 2018/2019)

AIDA, SITI NUR (2019) THE EFFECTIVENESS OF EXTENSIVE READING TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING EXPLANATION TEXT (An Experimental Research of the Eleventh Grade Students of Islamic School in Semarang in the Academic Year 2018/2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan membaca ekstensif efektif untuk meningkatkan menulis teks explanation pada siswa kelas sebelas di Sekolah Islam di Semarang. Penelitian eksperimental semu diterapkan sebagai metode. Peneliti mengambil dua kelompok sebagai sampel, yaitu XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas control. Subjek total penelitian ini adalah 65 siswa. Penilitian ini menggunakan SPSS dalam menganalisis data tes tulis melalui beberapa aktivitas. Aktivitas itu adalah pre-test sebelum perlakuan dan post test setelah perlakuan. Hasil penilitian menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis teks explanation antara siswa kelas sebelas yang diajar dengan menggunakan membaca ekstensif dan mereka yang tidak diajar menggunakannya. Hal ini bisa dilihat dari hasil nilai rata-rata di post-test pada kelas eksperimen yaitu 64.4118 dan kelas kontrol yaitu 48.5484, sementara nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.00 < 0.05. Oleh karena itu, hipotesis nol penelitian ini ditolak. Ini berarti bahwa penggunaan membaca ekstensif telah secara signifikan meningkatkan kemampuan menulis teks explanation siswa kelas sebelas dalam proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris kelas eksperimen di Sekolah Islam di Semarang pada tahun akademik 2018/2019. Kata Kunci : Membaca ekstensif, menulis, teks explanation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2020 06:27
Last Modified: 13 Feb 2020 06:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16007

Actions (login required)

View Item View Item