PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU ILLEGAL LOGGING MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2013 TENTANG PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PERUSAKAN HUTAN DI KABUPATEN PATI (Studi terhadap kasus nomor 95/Pid.Sus/2017/PN Pti di Pengadilan Negeri Kelas IA Pati)

RAGA, SURYA CIPTA (2019) PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP PELAKU ILLEGAL LOGGING MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2013 TENTANG PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PERUSAKAN HUTAN DI KABUPATEN PATI (Studi terhadap kasus nomor 95/Pid.Sus/2017/PN Pti di Pengadilan Negeri Kelas IA Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (618kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (22kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (241kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (172kB)

Abstract

Tindak pidana illegal logging adalah tindak kejahatan terhadap kerusakan hutan dalam hal bidang kehutanan. Dimana kejahatannya meliputi penebangan kayu yang dilakukan di dalam kawasan hutan dengan secara tidak sah atau tanpa izin dari pemerintah atau pihak yang berwenang. Saat ini di Indonesia, kejahatan illegal logging menjadi salah satu kejahatan yang berat dan sulit di berantas Semakin maraknya kasus illegal logging, tentunya membutuhkan peranan penting dari aparat penegak hukum dalam hal ini penyidik polri, kejaksaan maupun hakim. Adapun tujuan dan kegunaan peneliataan skripsi ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan sanksi pidana terhadap pelaku illegal logging menurut Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013; dan 2) untuk mengetahui apa saja yang menjadi dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan kepada pelaku tindak pidana illegal logging. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun penulisan skripsi ini dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, yaitu penulisan yang tidak hanya menggunakan peraturan perundang-undangan, asas-asas hukum dan prinsip-prinsip dalam meninjau, melihat dan menganalisa masalah-masalah, melainkan penelitian ini juga meninjau bagaimana pelaksanaannya dalam prakteknya. Hasil penelitian dari penulisan skripsi ini menunjukkan bahwa : 1) Penerapan sanksi pidana terhadap pelaku illegal logging pada putusan perkara pidana nomor : 95/Pid.Sus/2017/PN Pti yakni Terdakwa telah memenuhi unsurunsur dalam dakwaan Pasal 82 ayat (1) huruf b Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. 2) Dasar pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan putusan adalah dari penggalian fakta-fakta yang terungkap dipersidangan. Kata Kunci : Penerapan sanksi pidana, pelaku, Illegal Logging

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2020 06:15
Last Modified: 13 Feb 2020 06:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15993

Actions (login required)

View Item View Item