Putra, Prasetyo Utomo (2019) THE USE OF SPINNINGWHEEL TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL IN DESCRIPTIVE TEXT (Experimental Research of the Eight Graders of SMPN 1 Karangtengah in the Academic Year 2018/2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (428kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (958kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (330kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (428kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Spinning Wheel sebagai media pembelajaran efektif atau tidak untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks descriptive. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental dengan teknik quasi-eksperimental. Populasi penelitian ini adalah kelas delapan siswa SMPN 1 Karangtengah tahun ajaran 2018/2019. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan dua kelas diambil sebagai sampel, yaitu kelas VIII A sebagai kelompok perlakuan dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Alat pengumpulan data berupa test menulis pada pre-test dan post-test. Sebelum perlakuan dilakukan, pre-test terlebih dahulu diberikan kepada dua kelompok tersebut. Tujuan dari pre-test adalah untuk mengetahui kemampuan dasar dari kedua kelompok tersebut dan untuk memastikan bahwa kedua kelompok tersebut memiliki kemampuan yang sama. Post-test diberikan setelah perlakuan dilaksanakan. Ada perbedaan perlakuan untuk kedua kelompok tersebut, dimana kelompok perlakuan menggunakan Spinning Wheel sebagai media pembelajaran sedangkan kelompok kontrol tidak. Peneliti menggunakan program SPPS untuk Windows versi 16.0 dalam menghitung hasil T-test pada post-test. Perhitungan T-test menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan. Hal ini didukung oleh hasil post-test dimana nilai t-value (9.108) lebih tinggi dari nilai t-table (2.000) dan sig (2-tailed) 0.000 lebih rendah dari 0.05. Artinya, H1 dapat diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Spinning Wheel sebagai media pembelajaran adalah efektif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks descriptive. Kata Kunci: Spinning Wheel, Media Pembelajaran, Teks Descriptive
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 05:25 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 05:25 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15967 |
Actions (login required)
View Item |