TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN FIDUSIA (STUDI KASUS DI KOPERASI SIMPAN PINJAM SUMBER REJEKI DI SEMARANG)

SUBARNO, DARU ADI (2019) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN FIDUSIA (STUDI KASUS DI KOPERASI SIMPAN PINJAM SUMBER REJEKI DI SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (661kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (93kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (186kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (97kB)

Abstract

Dalam pembangunan nasional yang semakin modern pada saat ini baik dalam bidang pengetahuan serta teknologi informasi yang semakin pesat dan berkembang, guna untuk menunjang kebutuhan manusia dalam melangsungkan kehidupan sehari-hari seperti kebutuhan manusia secara umumnya serta khusus sehingga berpengaruh pada perkembangannya dalam bidang ekonomi saat ini, dapat memunculkan berbagai macam inovasi dalam hubungan kerjasama diantara para pengusaha dengan masyarakat untuk dapat meningkatkan perekonomian. Rumusan dalam skripsi saya, yaitu antara lain sebagai berikut : (1) Bagaimana pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan fidusia di Koperasi Simpan Pinjam Sumber Rejeki?, (2) Bagaimana tanggung jawab pengurus terhadap pelaksanaan perjanjian kredit apabila terjadi wanprestasi?, (3) Hambatan-hambatan apa saja dan upaya penyelesaian yang dilakukan oleh Koperasi Simpan Pinjam Sumber Rejeki di Semarang dalam penyelesaian wanprestasi atas perjanjian kredit dengan jaminan fidusia? Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan yuridis sosiologis merupakan suatu penelitian yang dilakukan terhadap suatu kenyataan masyarakat maupun terhadap lingkungan masyarakat dengan maksud dan tujuan untuk dapat menemukan fakta-fakta (fac finding) yang ada di masyarakat, yang kemudian menuju pada identifikasi (problem identification) dan pada akhirnya menuju pada penyelesaian masalah (problem solution). Hasil penelitian dalam skripsi saya ada tiga, yaitu sebagai berikurt : 1) Pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan fidusia di Koperasi Simpan Pinjam Sumber Rejeki, yaitu nasabah/debitur datang langsung untuk mengajukan pinjaman dengan menggunakan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) motor. Kemudian pelayanan dari Koperasi memberikan penjelasan mengenai syarat-syarat yang harus dipenuhi agar sesuai dengan prosedur plafon yang telah dibuat oleh Koperasi. 2) Tanggung Jawab Pengurus terhadap Pelaksanaan Perjanjian Kredit Apabila Terjadi Wanprestasi, yaitu debitur yang melakukan wanprestasi dengan telat pembayaran selama 2 (Dua) bulan dari jatuh tempo yang ditentukan maka pihak pengurus akan memberikan peringatan melalui SMS, chat WhatsApp, maupun telepon kepada pihak debitur. 3) Hambatan-Hambatan dan Upaya Penyelesaian yang Dilakukan Oleh Koperasi Simpan Pinjam Sumber Rejeki di Semarang, yaitu dalam penyelesaian wanprestasi Atas Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Fidusia, yaitu hambatan yang dialami oleh pihak kreditur yaitu adanya pihak debitur yang sering membuat alasan seolah mengada-ada sehingga mempersulit dari pihak kreditur. Kata Kunci : Tinjauan Yuridis, Pelaksanaan, Perjanjian, Kredit, Jaminan Fidusia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2020 05:20
Last Modified: 13 Feb 2020 05:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15956

Actions (login required)

View Item View Item