TINJAUAN HUKUM PIDANA PADA KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENYEBABKAN KORBAN JIWA MENINGGAL DUNIA MENURUT UU LALU LINTAS NO. 22 TAHUN 2009 (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Semarang) "

SASONGKO, SULIS ARI (2019) TINJAUAN HUKUM PIDANA PADA KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENYEBABKAN KORBAN JIWA MENINGGAL DUNIA MENURUT UU LALU LINTAS NO. 22 TAHUN 2009 (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Semarang) ". Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (960kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (169kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (181kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (262kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaturan hukum pidana positif tentang kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan korban jiwa meninggal dunia dan akibat pengaturan hukum pidana positif tentang kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa meninggal dunia menurut Undang – undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris yang dimaksud pendekatan yuridis adalah suatu cara yang digunakan dalam suatu penelitian yang mempergunakan asas-asas dan peraturan perundang-undangan guna meninjau, melihat serta menganalisissuatu permasalahan. Sedangkan metode empiris merupakan suatu metode penelitian hokum yang berfungsi untuk melihat hokum dalam artian nyata dan meliputi bagaimana bekerjanya di lingkungan masyarakat. Dalam Putusan Nomor 811/Pid.Sus/2018/PN.Smg Jaksa Penuntut Umum menggunakan dakwaan kumulatif yaitu kesatuan Pasal 310 ayat (4) Undang- undang RI No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang dibuktikan dalam persidangan adalah dakwaan pertama terdapat unsur-unsur dalam dakwaan tersebut dianggap terbukti oleh Jaksa Penuntut Umum sehingga antara perbuatan dan unsur-unsur pasal saling mencocoki. Menurut penulis penerapan hukum materil dalam kasus tersebut sudah sesuai dengan hukum pidana yang berlaku di Indonesia. Dalam Putusan Nomor 811/Pid.Sus/2018/PN.Smg Proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Majelis Hakim menurut pendapat penulis sudah sesuai dengan aturan Hukum yang berlaku yaitu berdasarkan pada sekurang-kurangya dua alat bukti yang sah, dimana dalam kasus yang diteliti Penulis, alat bukti yang digunakan hakim adalah keterangan saksi, barang bukti, surat visum et repertum dan keterangan terdakwa. Kata Kunci : Hukum, Kecelakaan, Undang-Undang Lalu Lintas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2020 05:19
Last Modified: 13 Feb 2020 05:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15955

Actions (login required)

View Item View Item