Mahfud, Sahal (2014) PENGARUH BIBLIOTERAPI TERHADAP PERILAKU KOOPERATIF ANAK USIA SEKOLAH SELAMA HOSPITALISASI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Hospitalisasi pada anak seringkali menimbulkan perilaku yang tidak kooperatif terhadap petugas kesehatan. untuk itu diperlukan suatu media untuk anak yaitu dengan biblioterapi. Biblioterapi adalah pemanfaatan buku sebagai media terapi. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi pengaruh biblioterapi terhadap perilaku kooperatif anak usia sekolah selama hospitalisasi. Metode: Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperiment dengan rancangan one group pretest-posttest. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Jumlah sampel sebanyak 28 responden dengan teknik sampling consecutive sampling. Analisa data menggunakan uji wilcoxon signed rank test. Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh, karakteristik responden menurut umur 56,6% berusia 6 tahun, karakteristik menurut jenis kelamin 71,4% adalah lakilaki, karakteristik menurut riwayat hospitalisasi sebanyak 50% pernah dan karakteristik menurut koping responden 64,3% maladaptif. Hasil uji wilcoxon signed rank test diperoleh nilai pvalue 0,000 (<0,05). Simpulan: intervensi biblioterapi berpengaruh terhadap perilaku kooperatif anak usia sekolah selama hospitalisasi. Kata kunci: biblioterapi, perilaku kooperatif, hospitalisasi, usia sekolah Daftar Pustaka: 46 (1998-2012)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Dec 2015 01:47 |
Last Modified: | 08 Dec 2015 01:47 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1595 |
Actions (login required)
View Item |