Rahmadhany, Choirunissa Ayu (2019) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMA ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (433kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (196kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (181kB) |
|
Text
publikasi.pdf Download (79kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (249kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (239kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan gadget dan keterampilan sosial dengan motivasi berprestasi pada siswa SMA Islam Hidayatullah Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Islam Hidayatullah Semarang. Subjek penelitian adalah siswa SMA Islam Hidayatullah Semarang berjumlah 92 siswa kelas X dan XI. Metode pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga skala. Skala motivasi berprestasi berisi 58 aitem memiliki koefisien reliabilitas = 0,895 dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,300-0,567. Skala intensitas penggunaan gadget terdiri dari 16 aitem memiliki koefisien reliabilitas = 0,895 dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,329-0,663. Serta skala keterampilan sosial dengan 34 aitem memiliki koefisien reliabilitas = 0,846 dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,336-0,652. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dan adanya hubungan yang signifikan antara keterampilan sosial dengan motivasi berprestasi diperoleh skor R = 0,673 dan F hitung = 36,801 dengan signifikan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil uji korelasi parsial antara intensitas penggunaan gadget dengan motivasi berprestasi diperoleh rx₁y = -0,185 dengan nilai signifikansi p = 0,078 (p <0,05). Hasil menunjukan tidak adanya hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan motivasi berprestasi. Hasil uji korelasi parsial antara keterampilan sosial dengan motivasi berprestasi diperoleh skor rx2y = 0,640 dengan signifikan p = 0,000 (p <0,05). Hasil menunjukan adanya hubungan positif yang signifikan antara keterampilan sosial dengan motivasi berprestasi. Kata kunci : Motivasi berprestasi, intensitas penggunaan gadget, dan keterampilan sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 03:12 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 03:12 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15830 |
Actions (login required)
View Item |