Novita, Ika Zuliani (2022) STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN “NGEMIL BERKAH” MELALUI DIGITAL MARKETING DAN ETIKA BISNIS ISLAM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Akuntansi_31401900078_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Akuntansi_31401900078_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
Abstract
Tujuan adanya program MBKM wirausaha yaitu untuk meningkatkan dan mengembangkan minat mahasiswa terhadap wirausaha. Selain itu juga untuk meningkatkan hard skill dan soft skill mahasiswa dalam mengelola bisnis. Ngemil Berkah (Ngemil Sambil Bersedekah) merupakan usaha homemade di bidang kuliner berupa aneka macam makanan ringan atau camilan yang didirikan pada tahun 2022 oleh Ika Zuliani Novita. Tempat produksi usaha Ngemil Berkah berada di rumah owner yaitu di Jalan Punthadewa Rt.04/Rw.02 Pasir, Mijen, Demak. Ngemil Berkah memiliki tagline #BanyakNgemilBanyakPahala serta punya nama panggilan untuk konsumen SABILKAH (Sahabat Ngemil Berkah) dan untuk owner MINILKAH (Admin Ngemil Berkah). Karena bisnis ini baru didirikan, jadi baru ada dua menu produk yaitu BASRENG (Bakso Goreng) 80 Gr dibandrol dengan harga Rp 9.000 dan KULPIA (Keripik Kulit Lumpia) 40 Gr dibandrol dengan harga Rp 7.000. Ke dua produk tersebut merupakan modifikasi dari produk stik tahu atau stik keju dan keripik kaca. Harga jual produk ditentukan menggunakan metode cost plus pricing dengan pendekatan HPP variabel cost. Tujuan didirikannya usaha Ngemil Berkah tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan secara material saja tetapi juga untuk mencari pahala dari Allah SWT dengan membantu sesama. Laporan MBKM wirausaha ini disusun untuk merealisasikan ide kewirausahaan dan Menganalisis BMC (Business Model Canvas), SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, tantangan), digital marketing, serta etika bisnis islam (shiddiq, amanah, tabligh, fathanah) untuk strategi meningkatkan penjualan pada bisnis Ngemil Berkah. Terdapat tiga kegiatan dalam usaha Ngemil Berkah yaitu kegiatan produksi, kegiatan pemasaran, dan kegiatan sosial. Dengan menggunakan sistem pre order selama 4 bulan (Maret-Juni) Ngemil Berkah berhasil memperoleh total penjualan kotor sebesar Rp 2.644.000. Kata Kunci: Kewirausahaan, Makanan Ringan, Business Model Canvas, Analisis SWOT, Digital Marketing, dan Etika Bisnis Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 04:15 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 04:15 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15787 |
Actions (login required)
View Item |