UPAYA PERLINDUNGAN TERHADAP PEREMPUAN KORBAN PERBUDAKAN SEKSUAL DALAM PERSPEKTIF KEADILAN GENDER (STUDI KASUS DI LRC-KJHAM SEMARANG)

Khumaeroh, Irda Nur (2019) UPAYA PERLINDUNGAN TERHADAP PEREMPUAN KORBAN PERBUDAKAN SEKSUAL DALAM PERSPEKTIF KEADILAN GENDER (STUDI KASUS DI LRC-KJHAM SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (964kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)

Abstract

Kekerasan terhadap perempuan di Indonesia bukan hal yang tabu pada saat ini. Keadilan gender merupakan suatu pembagian peran antara laki-laki dan perempuan yang sesuai. Namun, keadilan terhadap perempuan mulai tersingkirkan degan kodrat perempuan yang dijadikan sebuah kelemahan. Urgensi penulisan yang berjudul “Upaya Perlindungan terhadap Perempuan Korban Perbudakan Seksual dalam Perspektif Keadilan Gender” bertujuan: 1) Agar dapat mengetahui, memahami, dan menganalisis perbuatan perbudakan seksual dan upaya perlindungan terhadap korban yang dilakukan oleh LRC-KJHAM dalam menangani kasus tindak perbudakan seksual. 2) Untuk mengetahui, menganalisis, dan mengevaluasi problematik yang muncul saat menyelesaikan kasus tersebut dan memberikan solusi terhadap upaya perlindungan agar mencapai tujuan keadilan bagi perempuan korban perbudakan seksual. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun penulisan ini dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, yaitu penulisan yang tidak hanya menggunakan peraturan perundang-undangan, asas-asas hukum dan prinsip-prinsip dalam meninjau, melihat dan menganalisa masalah-masalah, melainkan penelitian ini juga meninjau bagaimana pelaksanaannya dalam prakteknya. Hasil penelitian dari penulisan ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya perlindungan yang dilakukan oleh LRC-KJHAM dalam menangani kasus yaitu dengan melakukan Pengaduan, Konseling dengan korban, Pendampingan, dan memberikan wadah dalam rangka pemulihan korban yang tergabung dalam komunitas Support Group. 2) Problematik dalam menyelesaikan kasus perbudakan seksual yang dialami oleh LRC-KJHAM yaitu: 2.a) Problematik dalam penanganan kasus yang berupa keaktifan korban, korban perbudakan seksual yang memasuki usia dewasa tidak dapat diselesaikan melalui proses hukum, dan pengambilan keputusan oleh korban. 2.b) Problematik Penanganan Kasus melalui Jalur Litigasi yang meliputi: alat bukti, perspektif aparat penegak hukum, kekosongan hukum bagi korban dewasa, dan impunitas pelaku. 3) Solusi untuk mencapai keadilan bagi korban yaitu dengan memberikan pendampingan berupa pemulihan psikis bagi korban, mendesak pengesahan rancangan undang-undang penghapusan kekerasan seksual, dan kampanye mengenai kebijakan yang terkait dengan perempuan dan keadilan gender. Kata Kunci: Kekerasan terhadap Perempuan, Keadilan Gender

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2020 07:37
Last Modified: 24 Jan 2020 07:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15571

Actions (login required)

View Item View Item