PERAN KEPALA DESA DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (Studi di Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes)

Firdaus, Emha Ainur (2019) PERAN KEPALA DESA DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (Studi di Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Kepala Desa Dalam Penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (Studi di Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes)” yang bertujuan untuk mengetahui peranan Kepala Desa dalam penyusunan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Desa Randusanga Kulon, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Randusanga Kulon. Metode penelitian dalam penulisan hukum ini menggunakan pendekatan yuridis sosiolgis yaitu suatu penelitian yang didasarkan pada suatu ketentuan hukum dan fenomena atau kejadian yang terjadi di lapangan. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa peranan Kepala Desa dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Randusanga Kulon mempunyai peranan yang sangat penting, karena Kepala Desa merupakan pemegang kekuasaan keuangan desa sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan keuangan desa berkaitan dengan kebijakan Kepala Desa. Hal ini dapat dilihat Kepala Desa dalam melakukan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa yang dimulai dari tahapan penyusunan Rancangan Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa), sebelum dilakukannya RKPDesa Kepala Desa melakukan musyawarah antar warga desa guna memenuhi kebutuhan didalam masyarakat desa Randusanga Kulon. Setelah RKPDesa disusun kemudian Sekretaris Desa bersama Kepala Desa menyusun Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa (RAPBDesa) hingga penetapan menjadi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa). Namun dalam penyusunan RAPBDesa Randusanga Kulon terdapat kekurangan yaitu BPD sebagai pengawas jalannya pemerintah desa tidak mengikuti pembahasan RAPBDesa, pembahasan RAPBDesa dilakukan oleh pihak pemerintah desa dengan masyarakat desa dengan melalui musyawarah desa. Pemerintah Desa Randusanga Kulon dengan Badan Permusyawaratan Desa seharusnya bekerja sama dengan baik sehingga penyusunan RAPBDesa dapat berjalan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kata Kunci : Peran Kepala Desa, Penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2020 06:58
Last Modified: 23 Jan 2020 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15456

Actions (login required)

View Item View Item