Purnomo, Bima Driyaoktavio (2019) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA JASA PARKIR DI SWALAYAN RAMAI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (792kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (151kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (963kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (153kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (157kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (329kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (319kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (6kB) |
Abstract
Salah satu kebutuhan dari pemilik kendaraan bermotor salah satunya adalah tempat parkir kendaraan. Namun sering terjadi pelanggaran, pelanggaran itu berupa tidak adanya tanggung jawab dari pengelola / penyedia jasa parkir apabila terjadi kehilangan / kerusakan pada saat terjadi kegiatan penitipan barang di area perparkiran Oleh sebab itu parkir harus mendapat perhatian yang cukup serius, terutama mengenai pengaturannya. Salah satunya hal yang terpenting di dalam pengelolaan parkir adalah mengenai masalah perlindungan bagi konsumen pengguna jasa parkir mengenai keamanan kendaraan yang di parkir di tempat parkir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum yang diberikan oleh pengelola parkir Swalayan RAMAI serta untuk mengetahui tanggung jawab dari pengelola parkir tersebut jika terjadi kehilangan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara yuridis normatif dan spesifikasi penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Apabila penulis melakukan penelitian lapangan, tidak dimaksudkan menjadi sumber data primer, kalaupun melakukan wawancara hal tersebut untuk mendukung data normatif yang di dapat oleh penulis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa bentuk perlindungan hukum yang diberikan oleh pengelola parkir Swalayan RAMAI masih belum baik atau dapat dikatakan belum maskimal dalam memberikan perlindungan kepada konsumen pengguna jasa parkir, dikarenakan pengelola parkir Swalayan RAMAI hanya memberikan perlindungan dalam bentuk karcis tanda masuk. Sedangkan sistem penjagaanya masih belum baik yaitu dengan tidak adanya kamera CCTV, tempat penitipan helm, ataupun penjaga yang bertugas melihat ataupun mengcek mengelilingi area parkir, serta konsumen belum mendapatkan hak-hak nya yang diatur di dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen pasal 4. Dalam kaitanya pertanggung jawaban pengelola parkir Swalayan RAMAI jika terjadi kehilangan, pihak pengelola parkir Swalayan RAMAI belum melaksanakan sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Pasal 19 dan dalam pasal 23 Undang-Undang perlindungan Konsumen. Kata kunci : parkir, perlindungan konsumen, swalayan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 06:18 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 06:18 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15379 |
Actions (login required)
View Item |