Peranan Notaris Dalam Melaksanakan Pendaftaran Perseroan Terbatas Dengan Sistem Online (Studi Kantor Notaris Kota Semarang)

Fahrudin, Muhammad (2019) Peranan Notaris Dalam Melaksanakan Pendaftaran Perseroan Terbatas Dengan Sistem Online (Studi Kantor Notaris Kota Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (651kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (233kB)
[img] Text
babI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (304kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (81kB)

Abstract

Badan hukum Perseroan Terbatas adalah suatu badan hukum perusahaan yang makin digemari oleh beberapa kalangan pengusaha, yang mana badan hukum ini terdiri dari komponen Direktur, Komisaris, dan para pemegang saham dalam perseroan tersebut. Pendirian perseoran terbatas sebagai badan hukum harus memenuhi syarat dan prosedur untuk memperoleh dokumen legalitas, sebagai alat bukti dan perwujudan aspek legalitas harus dibuat di hadapan yang kemudian didaftarkan dan disahkan oleh Direktorat Jendral Hukum dan HAM dengan melalui Online sistem. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu terkait peranan notaris dalam melaksanakan pendaftaran Perseroan Terbatas dengan sistem online, kemudian hambatan apa yang dialami notaris dalam melaksanakan pendaftaran Perseroan Terbatas dengan sistem online dan bagaimana solusinya, dan bagaimana pertanggungjawaban notaris atas akta Perseroan Terbatas yang dibuatnya. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah normatif empiris, dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan empiris. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, studi kepustakaan dan observasi dengan metode analisis data dengan metode analisis kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu mengenai peranan notaris terkait syarat dan prosedur pembuatan Akta Pendirian pada perseroan terbatas oleh Notaris terdiri dari syarat pembuatan Akta Pendirian pada PT oleh notaris meliputi syarat formal dan syarat materil. Syarat formal yaitu akta disusun dalam Bahasa Indonesia dan oleh 2 (dua) orang atau lebih, sedangkan syarat materil adalah akta harus memuat unsur-unsur sebagaimana diatur Pasal 9 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Prosedur pembuatan Akta Pendirian pada PT oleh notaris sebagaimana diatur Pasal 39 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Jabatan Notaris, yaitu para penghadap datang kepada notaris, notaris mengecek nama, penandatanganan akta, pendaftaran akta ke Kementerian terkait dan pengeluaran SK Badan Hukum. Hambatan yang dialami notaris yaitu adanya kendala teknis yaitu sistem yang tidak bisa diakses dengan solusi melakukan upaya berkomunikasi dengan pihak Ahu Online, dan kendala non teknis dengan solusi melakukan upaya perbaikan. Tanggung jawab terhadap kebenaran materil berkaitan dengan keabsahan pembuktian akta, sedangkan tanggung jawab terhadap kebenaran formil berkaitan dengan pembuatan akta yang secara fomal harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Kesimpulan dan saran bahwa notaris sebagai pejabat yang berwenang membuat akta perseroan terbatas mempunyai tangggungjawab atas apa yang dibuatnya baik formil maupun non formil, terlepas dari tanggung jawab tersebut notaris lebih berhati-hati dan teliti dalam pembuatan akta. Kata Kunci : Notaris, Perseroan Terbatas, AHU Online, Tanggungjawab

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jan 2020 08:05
Last Modified: 22 Jan 2020 08:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15324

Actions (login required)

View Item View Item