PERJANJIAN SEWA TANAH (SAWAH) ANTARA PETANI DENGAN PEMILIK SAWAH PENGHASIL BAWANG MERAH DAN AKIBAT HUKUMNYA (Studi Kasus Di Desa Krasak Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes)

Bakhthiar, Adhitya Dienhas (2019) PERJANJIAN SEWA TANAH (SAWAH) ANTARA PETANI DENGAN PEMILIK SAWAH PENGHASIL BAWANG MERAH DAN AKIBAT HUKUMNYA (Studi Kasus Di Desa Krasak Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (946kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (956kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)

Abstract

Dalam kehidupan pertanian tanah banyak di gunakan oleh para petani untuk bercocok tanam terutama di Daerah Kabupaten Brebes yang sering di tanami adalah tanaman bawang merah dan tanah sawahnyapun banyak di sewakan untuk keperluan penanaman bawang merah. Sewa – menyewa adalah suatu perjanjian antara kedua belah pihak yang berjanji untuk memberikan suatu kenikmatan dari suatu barang, dalam sewa – menyewa tanah sawah pembayaran yang sering di gunakan biasanya ada dua yaitu, pembayaran di lakukan setelah terjadinya kesepakatan dan pembayaran yang di lakukan setelah masa panen. Penulisan ini berjudul Perjanjian Sewa Tanah (Sawah) Antara Pemilik Sawah Penghasil Bawang Merah Dan Akibat Hukumnya. Dengan tujuan (1) Pelaksanaan Perjanjian Sewa Tanah (Sawah) Antara Petani Dengan Pemilik Sawah penghasil bawang merah di Desa Krasak Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. (2) Hambatan Dan Solusi Dalam Pelaksanaan Perjanjian Sewa Tanah (Sawah) Antara Petani Dengan Pemilik Sawah Penghasil Bawang Merah Dan Akibat Hukumnya Penulis menggunakan metode penelitian secara yuridis sosiologis Spesifikasi yang di gunakan adalah Deskriptif Analisis, Sumber data penelitiannya ada 3, yaitu : data hukum primer, data hukum sekunder, Data hukum sekunder terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, dan data hukum tersier. Hasil penelitian dan pembahasannya adalah : (1) Pelaksanaan Perjanjian Sewa Tanah (Sawah) Antara Petani Dengan Pemilik Sawah Penghasil Bawang Merah di Desa Krasak Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Dalam pelakasanaannya perjanjian sewa memiliki 3 tiga cara yaitu perjanjian secara lisan, menggunakan kwitansi, dan menggunakan perjanjian tertulis atau bawah tangan. (2) Hambatan Dan Solusi Dalam Pelaksanaan Perjanjian Sewa Tanah Sawah Antara Petani Dengan Pemilik Sawah Penghasil Bawang Merah Dan Akibat Hukumnya, hambatan dan solusi yang ada di lapangan adalah karena banyaknya penyewa dan minimnya sawah yang di sewakan, harga sewa yang terlalu mahal, dan lokasi yang di sewakan jauh dari jalan besar dan irigasi. Dalam hambatan – hambatan tersebut dapat di simpulkan bahwa pada intinya dari permasalahan itu bisa di selesaikan dengan bermusyawarah karena dengan bermusyawarah para petani – petani yang berkepentingan dalam penyewaan tanah bisa memberikan pendapat – pendapat dan solusi yang nantinya berguna untuk penyelesaian dari permasalahan yang ada. Kata Kunci : Perjanjian, Sewa – Menyewa, Sawah, Petani

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jan 2020 07:53
Last Modified: 22 Jan 2020 07:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15301

Actions (login required)

View Item View Item