Penerapan Restorative Justice Dalam Penyelesaian Perkara Perkelahian Yang Dilakukan Oleh Anak Karena Pengaruh Minuman Keras (Studi Kasus Di Polres Kudus)

Cahyo, Hadi Noor (2019) Penerapan Restorative Justice Dalam Penyelesaian Perkara Perkelahian Yang Dilakukan Oleh Anak Karena Pengaruh Minuman Keras (Studi Kasus Di Polres Kudus). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (809kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (157kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (300kB)
[img] Text
_babI.pdf

Download (557kB)
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (226kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan menganalisis penyelesaian perkara perkelahian yang dilakukan oleh anak karena pengaruh minuman keras berdasarkan Undang-undang yang berlaku pendekatan Restorative Justice digunakan dalam penyelesaian perkara perkelahian yang dilakukan oleh anak karena pengaruh minuman keras dan hambatan dan solusinya penyelesaian perkara perkelahian yang dilakukan oleh anak karena pengaruh minuman keras melalui mekanisme Pendekatan Restorative Justice. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang penulis gunakan yakni deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada pihak-pihak yang terkait dalam penelitian, observasi langsung dan pencatatan dokumen permasalahan dianalisis dengan teori penegakan hukum dan teori bekerjanya hukum di dalam masyarakat. Penyelesaian perkara perkelahian yang dilakukan oleh anak karena pengaruh minuman keras berdasarkan Undang-undang yang berlakuPenerapan diversi dalam sistem peradilan pidana anak sebagaimana telah diamanatkan oleh Undang-undang Sitem Peradilan Anak merupakan alternatif penyelesaian terbaik bagi Anak dibawah umur karena dalam penerapannya lebih mengutamakan prinsip kepentingan terbaik bagi anak baik dari segi fisik maupun psikologis anak Pendekatan Restorative Justice digunakan dalam penyelesaian perkara perkelahian yang dilakukan oleh anak karena pengaruh minuman keras Kasus Anak dibawah umur yang dibawa dalam proses peradilan adalah kasus kasus yang serius saja, itupun harus selalu mengutamakan prinsip kepentingan terbaik bagi anak, serta proses penghukuman adalah jalan terakhir dengan tetap tidak mengabaikan hak hak anak. Diluar itu kasus kasus anak dapat diselesaikan melalui mekanisme non formal yang didasarkan pada pedoman yang baku. Bentuk penanganan non formal dapat dilakukan dengan diversi atau restorative justice yang dapat diselesaikan dengan mewajibkan anak yang berhadapan dengan hukum untuk mengikuti pendidikan atau pelatihan pada lembaga tertentu, ataupun jika terpaksa terjadi penghukuman hak hak anak tidak boleh diabaikan. Sehingga pada akhirnya penanganan nonformal dapat terlaksana dengan baik jika diimbangi dengan upaya menciptakan sistem peradilan yang kondusif. Kata Kunci : Restorative Justice. Perkelahian Anak. Minuman Keras

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jan 2020 07:16
Last Modified: 22 Jan 2020 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15236

Actions (login required)

View Item View Item