Analisis Pemeliharaan Jalan Kabupaten sesuai Standart Pelayanan Minimal Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Kabupaten Jepara di Kawasan Industri Kalinyamatan & Pecangaan)

NUGRAHANI, ERI (2019) Analisis Pemeliharaan Jalan Kabupaten sesuai Standart Pelayanan Minimal Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Kabupaten Jepara di Kawasan Industri Kalinyamatan & Pecangaan). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (463kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (27MB)

Abstract

Cara menyatakan keberhasilan penyelenggaraan jalan telah berubah dari pola pencapaian penggunaan model kemantapan jalan menjadi pencapaian Standart Pelayanan Minimal (SPM) jalan. Dalam rangka mewujudkan Standar Pelayanan Minimal jalan di Kabupaten Jepara, pemerintah daerah masih kesulitan dalam membuat rancangan anggaran yang dibutuhkan untuk pemeliharaan jalan. Tujuan penelittian ini adalah mengetahui standar kondisi jalan yang dipersayaratkan dalam Standar Pelayanan Minimal jalan, kondisi jalan kabupaten eksisting (real di lapangan) di lokasi studi serta strategi mewujudkan kondisi jalan kabupaten yang sesuai SPM Jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode kuantitatif, dimana data primer didapatkan melalui survey Road Condition Index (RCI) dan kondisi rinci real di lapangan. Analisa data yang dilakukan yaitu dengan menghitung standar kondisi jalan yang sesuai dengan SPM dimana metode penentuan kondisi menggunakan standart IRI (International Roughness System) dan RCI. Kondisi jalan hasil survey RCi di lapangan diinvertarisir dan dikorelasikan ke nilai IRI serta dianalisa pemenuhan SPM nya. Dari hasil analisa tersebut bisa ditentukan strategi penanganannya yang efektif dan efisien. Hasil kajian menjelaskan bahwa kondisi jalan yang sesuai dengan SPM Jalan adalah jalan yang mempunyai kondisi baik dan sedang sebesar 60% dari ruas jalan keseluruhan di wilayah tersebut, sehingga secara keseluruhan di keempat ruas jalan yang diteliti minimal harus ada 9.77 Km jalan yang berkondisikan baik dan sedang dimana jalan tersebut memiliki nilai 0≤IRI ≤ 8 atau setara dengan 10≥RCI ≥4. Kondisi jalan real di lapangan jalan Pecangaan – Damarjati dalam kondisi baik dan sedang: 2.7 Km (87%), Jalan Bakalan – Pendosawalan – Pancur memiliki kondisi baik dan sedang: 1.9 Km (32%), Jalan Damarjati – Gotri hanya mempunyai 1.93 Km (35%) jalan yang berkondisikan baik dan sedang, dan di Jalan Lebuawu – Banyuputih baik 1.64 Km (100%). SPM Kondisi jalan hanya terpenuhi di ruas jalan Lebuawu- Banyuputih (SPM 100%) dan jalan Pecangaan – Damarjati (87%). Strategi penanganandalam rangka pemenuhan SPM di prioritaskan di jalan Bakalan – Pendosawalan – Pancur yang membutuhkan anggaran Rp. 2,942,814,918,- dan Jalan Damarjati – Gotri dengan kebutuhan anggaran sebesar Rp. 2,228,207,878,- Kata Kunci : Pemeliharaan Jalan; Standar Pelayanan Minimal; Kondisi Jalan; IRI; RCI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2020 06:13
Last Modified: 17 Jan 2020 06:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14987

Actions (login required)

View Item View Item