Perdana, Rochim Putra (2019) Evaluasi Sistem Antrian Pada Gerbang Jalan Tol Muktiharjo Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (217kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (22kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (15kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (131kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (24kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (11kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kondisi lalu lintas di kota besar di Indonesia terutama di Ibu Kota Jawa Tengah yaitu kota Semarang begitu parah sehingga di setiap bagian kota terjadi kemacetan. Tak hanya pada hari sibuk di jam kerja saja yang mengalami kemacetan, pada akhir pekan atau disaat liburan terjadi kemacetan di beberapa ruas – ruas jalan di Kota Semarang. Melihat kondisi tersebut, Peneliti menjadi tertarik untuk melakukan analisa tingkat kedatangan, waktu pelayanan, tingkat intensitas pelayanan gerbang tol. Selain itu juga peneliti menghitung jumlah kendaraan yang diharapkan dalam sistem, jumlah kendaraan yang menunggu dalam antrian, waktu yang diharapkan oleh setiap kendaraan selama dalam sistem dan waktu yang diharapkan setiap kendaraan untuk menunggu dalam antrian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan mengadakan pengamatan dan pengumpulan data di lapangan dengan melihat dan mencatat volume lalu lintas. Salah satu komponen yang digunakan untuk menentukan besarnya kapasitas dan waktu pelayanan pada Gerbang tol Muktiharjo adalah volume lalu lintas. Untuk metode analisis pada penelitian ini peneliti menggunakan rumus dasar antrian satu saluran satu tahap [M/M/1] mengikuti distribusi poisson dengan tingkat 1 dan μ, terdapat satu pelayan, kapasitas pelayanan dan sumber kedatangan tak terbatas. Tercatat tingkat kedatangan kendaraan pada gerbang tol muktiharjo adalah 545 kendaraan/jam. Tingkat pelayanan untuk kendaraan golongan I adalah 5.57 dtk, golongan II 7.83 dtk, golongan III 8.34 dtk, golongan IV 9.48 dtk dan golongan V 11.06 dtk. Untuk tingkat intensitas pelayanan terbesar terjadi pada shift II yaitu sebesar 43,19% dan terendah pada shift III sebesar 16,02 dtk. Jumlah kendaraan yang diharapkan dalam sistem untuk golongan I yaitu 5 kendaraan, kendaraan yang diharapkan dalam antrian yaitu 5 kendaraan, waktu yang diharapkan menunggu dalam sistem yaitu 36 detik dan waktu yang diharapkan menunggu dalam antrian yaitu 33.1 detik. Dan untuk kendaraan golongan II – V tidak terjadi antrian yang signifikan. Sehingga peneliti menyarankan untuk memberlakukan sistem sensor (On Board Unit) atau menggunakan gerbang tol sistem tandem untuk mengurangi antrian pada gerbang tol Muktiharjo Keyword : Tol, Muktiharjo, Tingkat Kedatangan, Tingkat Pelayanan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik Pascasarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 07:21 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 07:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14986 |
Actions (login required)
View Item |