Analisis Pemilihan Identitas Kota Sebagai Potensi City Branding Kota Semarang

PUTRI, LAUDITTA ANGGRAHENI (2019) Analisis Pemilihan Identitas Kota Sebagai Potensi City Branding Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (718kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (601kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (78kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (671kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Wilayah perkotaan pada umumnya bersaing dalam memasarkan produk kotanya dengan meningkatkan potensi yang telah dimiliki. Sebuah kota harus mampu mempertegas identitas dengan menonjolkan keunikan kota yang dibangun dari karakteristik kota yang menjadi pondasi dalam pengembangan citra kota dalam city branding sehingga dapat menjadi pembeda dari branding kota lainnya. Kota Semarang belum memiliki identitas yang jelas pada suatu bangunan atau kawasan tertentu, sehingga perlu adanya pemilihan salah satu bangunan untuk dijadikan identitas Kota Semarang agar lebih mudah dikenali dalam meningkatkan city branding Semarang. Meskipun demikian, Kota Semarang memiliki beberapa potensi bangunan dan kawasan yang dapat dijadikan sebagai identitas kota, seperti Lawang Sewu, Tugu Muda, Simpang Lima, Kawasan Kota Lama, Sam Poo Kong yang sebelumnya telah dipilih pada pre-survey.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif rasionalistikdengan metode analisis menggunakan tabel dan grafik distribusi frekuensi untuk menggambarkan bangunan atau kawasan yang dipilih. Temuan studi dari hasil analisis menyatakan bahwa Lawang Sewu dipilih sebagai identitas Kota Semarang karena karakteristik bangunan yang unik dan nilai sejarah yang berhubungan dengan Kota Semarang yang didukung dengan fasilitas umum yang lengkap didalamnya. Kata Kunci: city branding, identitas kota, pemasaran tempat, tempat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2020 06:29
Last Modified: 16 Jan 2020 06:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14913

Actions (login required)

View Item View Item