NAJIB, YULIAN AENUN (2019) PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN AHP (STUDI KASUS SULTAN AGUNG PRESS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (685kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (72kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (184kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (106kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (52kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (107kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
Abstract
Perumusan strategi pemasaran pada suatu perusahaan merupakan hal yang paling penting, dimana strategi pemasaran akan sangat menentukan apakah perusahaan dapat bersaing dengan kompotitor sejenis dipasaran atau tidak. PT. Bhakti Agung Pratama merupakan salah satu unit usaha dari Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) memiliki unit usaha industri ekonomi kreatif, yaitu. SA Press. SA Press adalah suatu perusahaan percetakan digital yang bergerak dalam industri grafika serta melayani jasa desain dan percetakan buku, majalah, buletin, katalog wisuda, kalender, poster, brosur, map folder, sertifikat, spanduk MMT, X-Banner, kartu nama, undangan, logo, pin, dll. SWOT merupakan suatu metode analisis yang digunakan untuk menyusun faktor-faktor strategis berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh perusahaan. Namun penggunaan metode SWOT akan memunculkan banyak alternatif yang dapat digunakan sebagai strategi pemasaran perusahaan sehingga diperlukan suatu metode yang dapat memilih alternatif terbaik dari banyaknya alternatif yang muncul dari penggunaan metode SWOT. Analytical Hierarchy Proses (AHP) merupakan suatu metode untuk mengorganisir informasi-informasi dalam memilih alternatif yang paling disukai. Dengan menggunakan AHP, kita dapat memandang suatu masalah yang akan dipecahkan dalam suatu kerangka berfikir yang terorganisir, sehingga memungkinkan untuk mengambil keputusan yang paling efektif terhadap permasalahan yang ada. Penentuan strategi pemasaran dengan menggunakan metode SWOT menghasilkan empat alternatif strategi pemasaran yaitu strength opportunity (SO), weakness opportunity (WO), Strength threats (ST), weakness threats (WT). Sedangkan penentuan strategi pemasaran dengan menggunakan Metode AHP menghasilkan strategi Strength threats (ST) dengan bobot tertinggi sebesar 5,93 sebagai strategi yang terpilih untuk diterapkan pada percetakan SAPress yaitu meningkatkan kualitas layanan, melakukan diferensiasi produk, menyebar brosur tentang SAPress, aktif mengiklankan produk pada media massa, memberikan penawaran – penawaran menarik bagi pelanggan, design produk yang bagus dengan cetak tepat waktu. Kata kunci : Sultan Agung Press, SWOT, AHP
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 06:49 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 06:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14831 |
Actions (login required)
View Item |